Pertamina tambah stok BBM dan elpiji DIY-Jateng

id elpiji

Pertamina tambah stok BBM dan elpiji DIY-Jateng

Ilustrasi. Elpiji (Foto Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Yogyakarta  (Antaranews Jogja) - Perseroan Terbatas Pertamina Marketing Operation Region IV menambah stok bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji untuk wilayah Jateng dan DIY untuk mengantisipasi lonjakan permintaan menjelang Lebaran.

"Dengan catatan tren peningkatan konsumsi BBM dan elpiji yang terjadi selama ini, Pertamina telah menyiapkan stok tambahan yang bervariasi di tiap-tiap daerah," kata Unit Manager Communication & CSR MOR IV Jateng & DIY, Andar Titi Lestari melalui keterangan tertulis yang diterima di Yogyakarta, Kamis malam.

Andar mencontohkan, penambahan pasokan itu antara lain pada gasoline yakni premium dan pertamax series mencapai 30 persen dari 11.394 kilo liter (kl) menjadi 15.514 kl, sedangkan gasoil yakni solar/bio + pertamina dex series akan mengalami penurunan -10 persen dari normalnya 5.740 kl menjadi 5.166 kl dikarenakan penurunan aktivitas pengiriman dan pembatasan angkutan barang.

Namun demikian, untuk pertamina dex dan dexlite akan mengalami

kenaikan 37 persen dan 43 persen untuk BBM dan rata-rata kenaikan 8 persen untuk elpiji (PSO & Non-PSO)

, dibandingkan rata-rata konsumsi harian 2018 atau setara dengan 28.736.410 tabung dari rata-rata normalnya 26.162.813 tabung.

Selain itu, menurut Andar, sebagai antisipasi padatnya arus mudik lebaran yang menyebabkan kemacetan, untuk tetap mengoptimalkan pelayanan, Pertamina telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang mulai

aktif bekerja pada H-15 hingga H+15 Idul Fitri. Bahkan pada H-5 hingga H+5 Idul Fitri, supply point atau TBBM serta SPBU strategis di wilayah Jateng dan DIY akan beroperasi selama 24 Jam.

"Strategi pembentukan Satgas ini juga diperkuat dengan dibentuknya 27 SPBU dan 23 SPBE kantong yang tersebar di berbagai lokasi guna memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil," kata Andar.

Selain memastikan ketersediaan suplai BBM, menurut dia, Pertamina MOR IV juga menjamin ketersediaan elpiji di wilayah Jateng dan DIY dengan menambah armada skid tank serta menyiapkan 397 Agen Siaga dan 5.191 Pangkalan Siaga selama 24 jam. Konsumen, kata dia, juga dapat dimudahkan memesan bright gas menggunakan layanan Bright Home Service yang saat ini dapat menjangkau wilayah kota Semarang dan kota Yogyakarta.

"Melalui aplikasi Bright Home Service, konsumen dapat dengan mudah memesan produk elpiji lewat aplikasi Bright Home Service yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store," kata Andar.