Sepeda motor pemudik tiba di Terminal Giwangan

id sepeda motor, pemudik, angkutan motor gratis

Sepeda motor pemudik  tiba di Terminal Giwangan

Pekerja mengemas motor yang akan dikirim melalui program mudik gratis sepeda motor di Gudang Stasiun Lempuyangan Yogyakarta . ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/

 Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Puluhan sepeda motor pemudik yang mengikuti program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan mulai tiba di Terminal Giwangan dan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. 
   
“Dari informasi yang kami terima, akan ada empat truk yang masuk ke Giwangan dengan membawa sebanyak 137 sepeda motor,” kata Kepala Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta di Yogyakarta, Sabtu.
   
Truk yang membawa sepeda motor dari pemudik diberangkatkan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama diberangkatkan dari Jakarta pada Jumat (8/6) dengan membawa 64 sepeda motor dan tahap kedua diberangkatkan dari Jakarta pada Sabtu (9/10) dengan membawa 73 sepeda motor.
   
Sedangkan pemudik yang mengikuti program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan diperkirakan tiba di Terminal Giwangan Yogyakarta pada Sabtu (9/6) malam setelah diberangkatkan dari Jakarta pada pagi harinya.
   
“Jika mereka juga mengikuti program angkutan motor gratis, maka pemudik bisa langsung mengambil sepeda motor mereka di Giwangan,” katanya.
   
Sedangkan hingga H-6 Lebaran, Bekti menyebut belum terlihat peningkatan yang signifikan terkait jumlah penumpang yang diberangkatkan maupun yang datang di Terminal Giwangan.
   
Berdasarkan data hingga Jumat (8/6) terdapat 18.013 penumpang yang datang dan diberangkatkan dari Terminal Giwangan. Jumlah tersebut bertambah bila dibanding Kamis (7/6) dengan 15.123 penumpang yang datang dan berangkat.
   
Terminal Giwangan juga sudah memberangkatkan 16 bus tambahan dengan total 77 penumpang, sedangkan bus tambahan yang masuk ke Giwangan pada Jumat (8/6) sebanyak 32 armada dengan 748 penumpang.
   
Puncak arus mudik di Terminal Giwangan Yogyakarta diperkirakan terjadi pada H-2 Lebaran atau Rabu (13/6) dengan sekitar 20.000 penumpang.
   
“Kami juga rutin melakukan pengecekan kelaikan. Dari 19 bus yang menjalani ‘rampcheck’ semuanya dinyatakan laik jalan,” katanya.
   
Selain di Terminal Giwangan Yogyakarta, sepeda motor pemudik juga tiba di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta sekitar 80 unit sepeda motor.
   
“Di wilayah kerja PT KAI Daop 6 Yogyakarta, terdapat tiga stasiun pemberhentian untuk program Angkutan Motor Gratis yaitu di Lempuyangan, Klaten dan Purwosari. Sepeda motor yang tiba hari ini adalah pemberangkatan perdana program Angkutan Motor Gratis,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto.
   
Selain di Lempuyangan, juga diturunkan sebanyak 80 unit sepeda motor di Stasiun Klaten dan sekitar 100 unit di Stasiun Purwosari.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024