Puluhan bus mudik tiba di Gunung kidul

id Bus mudik

Puluhan bus mudik tiba di Gunung kidul

Penumpang arus mudik dengan transportasi bus di Yogyakarta (Foto Antara/Sigit Kurniawan)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Unit Pelaksana Teknis Terminal Dagsinarga Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendata mulai Minggu ini sudah ada puluhan bus carteran mudik gratis dari kementerian maupun pihak swasta dan BUMN tida di terminal tersebut.

Salah satu staf Terminal Dagsinarga Agus Suryadi di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan sejak Minggu (10/6) pagi, sudah ada bus mudik masuk 11 unit dari Jasa Raharja, lima unit dari Kementerian Perhubungan, dan satu dari Sido Muncul.

"Rencananya total dari kementerian yang akan masuk ke Gunung Kidul ada 23 unit, nanti malam atau Senin (11/6l dinihari rencananya akan masuk 15 unit," tambahnya.

Ia menyebutkan total bus yang masuk Sabtu (9/6) ada AKAP 33 unit, dengan jumlah penumpang yang turun mencapai 199 orang, dan bus pariwisata ada empat bus dengan 52 penumpang yang turun di terminal.

"Kemungkinan jumlahnya yang turun ke Gunung Kidul lebih banyak, karena biasanya turun di wilayah Patuk, Gading atau Sioyono," lanjutnya.

Agus mengatakan, pihaknya memperkirakan pemudik yang datang akan mencapai puncaknya pada H-3.

"Kemungkinan H-3 atau H-4 puncak kedatangan para pemudik di Gunung Kidul," ujarnya.

Ketua Asosiasi Bus Malam di Terminal Dhaksinarga, Wonosari, Agustinus mengemukakan saat ini pemudik masih belum begitu terlihat di Terminal Dagsinarga, dan kemungkinan terjadi pada Senin.

"Peningkatan jumlah bus atau pemudik yang datang memang ada tetapi belum banyak. Nanti mulai banyak biasanya H-3 atau H-4 lebaran, dari Jakarta itu banyak yang pulang ke Gunung Kidul," jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Gunung Kidul Syarief Amunanto mengatakan berdasarkan pantauan tim yang ada di lapangan, sampai saat ini terpantau belum ada kemacetan. Arus lalu lintas dari pintu masuk timur dan barat masih terpantau lancar.

"Sampai saat ini dari pemantauan tim yang ada di pos pantau di Pos Siyono, Playen, Patuk dan Semin masih lancar," tambahnya.