H-5 Lebaran, arus lalu lintas Purworejo-Yogyakarta masih landai

id lalu lintas,mudik

H-5 Lebaran,  arus lalu lintas Purworejo-Yogyakarta masih landai

Arus lalu lintas di Jalan Wates, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman pada H-5 Lebaran, Minggu (10/6) malam. (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta  (Antaranews Jogja) - Arus lalu lintas di sepanjang jalur mudik Purworejo-Yogyakarta khususnya di Jalan Wates, wilayah Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga H-5 Lebaran masih terpantau landai.

"Dari pagi sampai malam ini (pukul 19.00 WIB) masih landai, belum ada peningkatan arus," kata Petugas Pos Pengamanan (Pos PAM) Gamping, Inspektur Dua (Ipda) Sigid Daryanto di Sleman, Minggu malam.

Pantauan Antara, arus lalu lintas masih normal seperti hari biasa di sepanjang ruas Jalan Wates, khususnya yang berada di Kecamatan Gamping. Meski demikian, beberapa kendaraan berpelat nomor polisi luar kota seperti Jakarta, Bandung, serta Cirebon terpantau melintasi jalur tersebut.

Menurut Sigid, kondisi arus lalu lintas di Jalan Wates saat ini berbeda dengan masa mudik Lebaran pada tahun-tahun sebelumnya yang sudah terpantau adanya kepadatan pada H-5. Bahkan di simpang tiga jalan Ring Road Barat di dekat Pasar Gamping yang biasa terjadi kepadatan, hingga saat ini masih terpantau normal."Kalau tahun lalu H-5 seperti ini sudah mulai padat," kata dia.

Mengacu tahun-tahun sebelumnya, Sigid memperkirakan puncak kepadatan arus lalu lintas di sepanjang jalur mudik Purworejo-Yogyakarta itu akan terjadi pada H-3 Lebaran.

Berdasarkan pantauan sejak pagi, menurut dia, kendaraan angkutan barang sudah tidak terlihat memasuki kawasan itu.

Untuk mengantisipasi kemacetan, menurut Sigid, petugas telah melakukan penutupan penggalan-penggalan jalan sepanjang jalur itu. "Kalau terjadi kepadatan arus kendaraan dari barat atau dari luar kota kami utamakan untuk mengurangi kemacetan," kata dia.





(T.L007)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024