Jet tempur AS jatuh di perairan Okinawa Jepang

id pesawat tempur

Ilustrasi pesawat tempur (Pixabay)

Jakarta (Antaranews Jogja/Reuters) - Satu jet tempur F-15 militer Amerika Serikat jatuh di perairan Pulau Okinawa, di bagian selatan Jepang, tempat pasukan AS berpangkalan, dalam misi latihan rutin pada Senin, demikian pasukan AS dalam sebuah pernyataan.

Pilot, satu-satu orang dipesawat itu, berhasil melontarkan diri dan ditemukan oleh tim SAR, tambahnya. Satu tim pejabat akan menyelidiki insiden itu, tambahnya.

Banyak warga Okinawa beranggapan pangkalan-pangkalan militer AS dengan kejahatan, kecelakaan dan polusi dan menginnginkan dipindahkan dari pulau itu. Serangkaian pendaratan darurat dan bagian-bagian yang jatuh dari pesawat militer AS telah menjadi kecemasan keselamatan.

Pemerintah Perdana Menteri Shinzo Abe bergerak dengan sebuah rencana untuk merelokasi pangkalan Futema yang digunakan marinir AS dari sebuah kawasan kota di Okinawa tengah ke distrik Henoko, yang berpenduduk jarang. Distrik itu berada di Kota Nago, di sebelah utara pulau Okinawa.

Pengerjaannya pun telah dimulai dengan mereklamasi lahan dekat Kamp Schwab, pangkalan militer AS di Henoko, sebelah selatan Kota Nago, Okinawa.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar