Empat posko informasi wisata disediakan untuk pemudik

id mangunan

Empat posko informasi wisata disediakan untuk pemudik

Pengunjung melihat pemandangan dari puncak Kebun Buah Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko.

Yogyakarta (Antaranewsa Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan empat posko informasi wisata sebagai pusat pelayanan wisatawan dari luar kota selama libur Lebaran 2018.

"Semua informasi mengenai destinasi wisata bisa ditanyakan di situ," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta di Yogyakarta, Selasa.

Menurut Aris, posko informasi wisata yang akan dibuka selama momentum libur Lebaran yang berlangsung hingga 20 Juni 2018 itu akan berlokasi di empat titik yakni di kawasan simpang empat Tugu Yogyakarta, Malioboro, Bandara Adisutjipto, serta di "Tourist Information Center" (TIC) di kompleks Kantor Dispar DIY.

Menurut dia, melalui posko itu, para wisatawan akan mendapatkan beragam pilihan destinasi wisata alternatif serta daftar event wisata yang digelar selama Lebaran.

"Melalui posko itu petugas akan memberikan layanan informasi apapun yang dibutuhkan wisatawan. Kami juga menyediakan peta pariwisata yang berisi destinasi wisata, event wisata serta lokasi kuliner dan hotel di Yogyakarta," kata dia.

Pembukaan posko, menurut Aris, selain sebagai sarana pelayanan informasi, juga bertujuan untuk meningkatkan persebaran aktivitas wisatawan di Yogyakarta sekaligus mengurangi kepadatan di destinasi tertentu.

"Dengan memperoleh informasi dari posko Lebaran tersebut, wisatawan diharapkan tidak hanya mengunjungi objek wisata populer, melainkan juga dapat mengunjungi puluhan objek wisata alternatif yang tersebar di DIY," kata dia.

Selama momentum libur Lebaran 2018, Aris menargetkan peningkatan kunjungan wisata ke DIY mencapai 10 hingga 15 persen dibandingkan Lebaran 2017.

Apabila pada Lebaran 2017 kunjungan wisatawan mencapai 3.401.853 orang, maka untuk Lebaran tahun ini kunjungan wisatawan ke DIY ditargetkan sebanyak 3.742.100 orang baik wisatawan mancanegara maupun nusantara.

Menurut dia, destinasi wisata alam yang tersebar di DIY akan kembali menjadi destinasi andalan yang paling banyak dikunjungi wisatawan selama libur Lebaran 2018.

Sejumlah destinasi wisata alam yang potensial dikunjungi antara lain Taman Tebing Breksi di Sleman, objek wisata di wilayah perbukitan Mangunan, Bantul, Gunung Api Purba, Nglanggeran, Gunung Kidul, serta Kali Biru di Kulon Progo.

"Ada juga arung jeram Kali Suci, serta Pantai Sundak di Gunung Kidul, dan Puncak Suroloyo di Kulon Progo," kata dia