Polres sarankan bus ke Mangunan melalui Pathuk

id mangunan

Objek wisata perbukutan Kebun Buah Mangunan Imogiri Bantul (istimewa)

Bantul (Antaranews Jogja) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyarankan bus atau kendaraan besar yang mau ke arah Mangunan Dlingo Kabupaten Bantul, melaui simpang tiga Pathuk Gunung Kidul demi keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

"Bus yang mau naik ke Mangunan Dlingo dialihkan dan kita sarankan naik melalui Pathuk, jadi masuknya melalui Pathuk kemudian keluarnya juga melalui Pathuk, " kata Kepala Bagian (Kabag) Ops Polres Bantul Kompol Jan Benyamin di Bantul, Rabu.

Terdapat tiga jalur untuk akses kendaraan menuju kawasan Mangunan Dlingo, dua jalur lainnya yaitu jalur Cinomati yang diakses melalui Pleret dan jalur Imogiri-Mangunan dari Imogiri, hanya saja dua jalur tersebut terutama Cinomati tidak direkomendasi dilintasi bus.

Dengan demikian, kata dia, jika ada bus atau kendaraan besar yang sampai ke wilayah Bantul dengan tujuan Mangunan, maka akan dialihkan ke Jalan Wonosari Piyungan kemudian naik ke atas Pathuk untuk selanjutnya mengambil ke arah Mangunan.

"Jadi semacam imbauan (agar lewat Pathuk), akan tetapi tetap saja ada tindakan-tindakan yang secara persuasif dan akan kita kembalikan untuk menggunakan jalur-jalur yang sudah ditentukan," katanya.

Untuk mengendalikan dan mengatur arus lalu lintas di jalur-jalur tersebut, kata dia, Polres Bantul menempatkan anggota lalu lintas bersama petugas instansi terkait di pos-pos pengamanan Lebaran yang didirikan di jalur-jalur tersebut termasuk jalur ke afah Mangunan.

"Dan untuk masuk ke wilayah Bantul bosa melalui jalur-jalur alernatif yang sudah ada di wlayah Banguntapan maupun Jalan Lingkar selatan, kemudian melalui Sedayu dan melalui Piyungan," katanya.

Menurut dia, dalam pengaturan dan pengendalian arus lalu lintas di jalur alternatif tersebut akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul dan relawan setempat, sebab di jalur tersebut juga berdiri pos pantau dalam rangka pengamanan Lebaran 2018.

"Dan secara umum dalam rangka pengamanan arus mudik dan libur Lebaran 2018, kami mengerahkan sekitar 450 personel dari polres jajaran dan polsek (kepolisian sektor) jajaran di seluruh Bantul," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar