Pospam Pasar Bantul pantau arus tiga titik

id pos pengamanan

Pospam Pasar Bantul pantau arus tiga titik

Ilustrasi pos pengamanan Lebaran (antarayogya.com)

Bantul (Antaranews Jogja) - Pos Pengamanan Lebaran yang didirikan di depan Pasar Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta memfokuskan pemantauan dan pengaturan lalu lintas di tiga titik ruas yang berpotensi terjadi lonjakan arus kendaraan.

"Yang ditekankan di pos pengamanan ini mengatur arus lalu lintas supaya lancar dan tidak terjadi kemacetan dan di sini punya tiga titik pemantauan," kata Kepala Polsek Bantul Kompol Paimun di Pospam dan Pos Pantau depan Pasar Bantul, Kamis.

Tiga titik ruas yang jadi prioritas pemantauan personel Pospam Lebaran Pasar Bantul itu adalah ruas Jalan Jenderal Sudirman terutama di kawasan Pasar Bantul, simpang empat Palbapang dan persimpangan alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) Manding Jalan Parangtritis.

Menurut dia, tiga titik ruas jalan tersebut dipetakan padat kendaraan karena berada di pusat keramaian, kemudian di Palbapang merupakan jalur alternatif arus mudik maupun wisatawan, sementara Manding merupakan jalur yang dilintasi arus wisatawan.

"Untuk di Manding berada di jalur wisata, sehingga barangkali setelah Lebaran atau H plus paling tidak kita antisipasi ke sana, termasuk di Palbapang itu akan padat kendaraan kembalinya dari wisata itu kita antisipasi," katanya.

Kompol Paimun menjelaskan, di Pospam Lebaran Pasar Bantul disiagakan sebanyak 10 personel polisi tiap hari selama arus mudik dan arus balik Lebaran, kemudian dibantu dari unsur dan dinas terkait seperti TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan elemen masyarakat.

"Namun kalau lalu lintas terutama di depan Pasar Bantul sejauh ini masih lancar, kalaupun padat banget itu mungkin hanya sebentar, dan kita sudah antisipasi dengan pengaturan dari personel yang kita tarik ke sini, " katanya.

Menurut dia, kepadatan arus lalu lintas di depan Pasar Bantul sendiri sudah mengalami peningkatan sejak H-2, baik dari arus pemudik maupun dari masyarakat sekitar, hal itu karena mereka para pemudik sudah memasuki wilayah Bantul untuk merayakan Lebaran.

"Termasuk di pasar ini juga meningkat kaitannya dengan warga pemudik yang berbelanja, termasuk di pertokoan-pertokoan juga banyak. Kalau keramaian belanja sudah meningkat sejak H-5 kemarin, namun ini lebih meningkat lagi," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024