Pedagang Pasar Beringharjo berkomitmen terapkan harga wajar

id Pasar beringharjo

Pedagang Pasar Beringharjo berkomitmen terapkan harga wajar

Sejumlah calon pembeli memilih barang dagangan di pasar Beringharjo, DI Yogyakarta, Senin (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/18.)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Paguyuban Pedagang Pasar Beringharjo Yogyakarta berkomitmen menerapkan harga yang wajar kepada wisatawan di pasar tradisional terbesar di Yogyakarta saat libur Lebaran.

"Harga yang diberikan ke konsumen tetap wajar. Harga yang tidak wajar justru akan berdampak negatif ke pedagang," kata Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Beringharjo Ujun Junaedi di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, pemberian harga tidak wajar ke konsumen menjadi salah satu hal yang harus dihindari karena membuat konsumen atau wisatawan merasa tidak nyaman saat berbelanja di Pasar Beringharjo.

"Padahal, seluruh pedagang di Pasar Beringharjo sudah berkomitmen untuk bisa memajukan pasar tradisional, termasuk menjadikan Pasar Beringharjo sebagai pusat grosir untuk produk pakaian. Salah satu syaratnya adalah pembeli merasa nyaman berbelanja di Beringharjo," katanya.

Jika diketahui ada pedagang yang menaikkan harga secara tidak wajar, Ujun mengatakan, maka pedagang akan diberi sanksi berupa surat peringatan dari paguyuban.

"Jika masih melakukan hal serupa, maka bisa diberikan surat peringatan kedua dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan bisa terlibat untuk melakukan pembinaan," katanya.

Sanksi yang lebih tegas, juga bisa diberikan apabila pedagang tidak menghiraukan surat peringatan yang diberikan. "Bisa saja dilakukan pencabutan kartu bukti pedagang (KBP)," katanya.

Sikap tegas tersebut, lanjut Ujun diperlukan untuk tujuan menjaga iklim usaha di Kota Yogyakarta dan jangan sampai tindakan pedagang nakal tersebut mempengaruhi citra Pasar Beringharjo.

Sedangkan pada hari kedua lebaran, Sabtu (16/6), wisatawan mulai memadati Pasar Beringharjo. Meskipun demikian, Ujun memperkirakan peningkatan jumlah kunjungan baru akan mengalami kenaikan signifikan mulai Minggu (17/6).

"Keramaian akan berlangsung selama satu pekan ke depan. Pedagang juga sudah menyiapkan stok cadangan sekitar 40 persen," katanya.

Pengunjunpun sudah bisa berbelanja berbagai suvenir atau produk fesyen di Pasar Beringharjo hingga malam hari karena pasar buka hingga pukul 21.00 WIB.


(E013)  16-06-2018 16:22:20


 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024