Dispar koordinasikan pengaturan arus wisatawan ke Mangunan

id wisata mangunan, libur lebaran

Dispar koordinasikan pengaturan arus wisatawan ke Mangunan

Desa Wisata Mangunan Dlingo Bantul (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul, (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengkoordinasikan pengaturan arus lalu lintas kendaraan wisatawan ke kawasan wisata Mangunan Dlingo selama libur Lebaran 2018.

"Untuk ke arah Mangunan kita sudah melakukan koordinasi dan musyawarah dengan forum di lingkungan Pemda DIY. Bus besar dan truk diimbau lewat Pathuk," kata pelaksana tugas (plt) Kepala Dispar Bantul Kwintarto Heru di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, jalur ke arah kawasan wisata Mangunan Dlingo Bantul bisa dilalui dari tiga jalur di antaranya lewat Pathuk Gunung Kidul atau melalui Jalan Wonosari Piyungan Bantul naik ke atas menuju simpang tiga Pathuk.

Kemudian Jalur Cinomati yang berada di wilayah perbatasan Kecamatan Pleret dan Dlingo yang dilalui melalui Pleret, kemudian Jalan Imogiri-Mangunan yang merupakan jalur utama bagi wisatawan dengan kendaraan roda empat.

"Untuk kendaraan yang lain selain bus dan truk tetap diperkenankan lewat jalur Imogiri, dan khusus Cino Mati akan ada pengarahan dari petugas bagi yang akan naik, namun bagi wisatawan yang tidak terbiasa disarankan untuk tidak lewat Cino Mati," katanya.

Akan tetapi, lanjut dia, untuk pengguna jalan yang sudah terbiasa melewati Cino Mati akan dibantu untuk bisa melewati jalur dengan kondisi medan tanjakan dengan kemiringan 45 derajat serta berkelok-kelok itu secara aman.

"Tetapi nanti kalau ada yang memaksa (lewat Cino Mati) akan ada yang memandu termasuk disediakan sopir pengganti yang bisa membantu untuk sekadar naik sampai ke atas," katanya.

Kwintarto mengatakan, dalam pengaturan dan pengendalian arus wisatawan ke kawasan wisata Mangunan yang saat ini sedang berkembang itu dilakukan aparat kepolisian resor (Polres) Bantul dan Dinas Perhubungan serta relawan setempat.

"Dan ini yang kita fahami bahwa masyarakat, para relawan sangat antusias untuk kegiatan menuju kawasan wisata. Ini perlu kita hargai bahwa dengan mereka saat ini sangat membantu sekali dari sisi kelancaran dan keamanan para wisatawan," katanya.

Di kawasan wisata Mangunan Dlingo sendiri terdapat belasan objek wisata alam dengan menyuguhkan pemandangan dari atas bukit, misalnya Puncak Becici dan Kebun Buah Mangunan, selain itu ada Hutan Pinus serta wisata alam lainnya.