Taman Pintar Yogyakarta targetkan 60.000 wisatawan

id Taman pintar

Taman Pintar Yogyakarta targetkan 60.000 wisatawan

Pengunjung memadati Taman Pintar Yogyakarta (Foto ANTARA/Heribertus Suciadi)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Tempat wisata dan edukasi yang menjadi ikon Kota Yogyakarta, Taman Pintar, mulai ramai dikunjungi wisatawan dan diperkirakan ada sekitar 50.000 hingga 60.000 wisatawan yang akan berkunjung selama libur lebaran.

"Setiap kali datang libur panjang, selalu terjadi kenaikan jumlah pengunjung. Seperti lebaran saat ini," kata Kepala Bidang Taman Pintar Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Afia Rosdiana di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, peningkatan jumlah pengunjung tersebut harus dibarengi dengan upaya meningkatkan layanan agar kenyamanan dan keamanan pengunjung di Taman Pintar selalu terjaga.

Salah satu upaya yang dilakukan di antaranya, tetap membuka layanan pada Senin yang biasanya digunakan untuk melaksanakan perawatan terhadap seluruh alat peraga dan wahana yang ada.

"Mulai 11 Juni hingga 9 Juli, kami tetap buka pada Senin. Bahkan, tiket Taman Pintar juga sudah dapat dibeli secara online untuk memudahkan wisatawan," katanya.

Petugas pengamanan, lanjut dia, juga disiagakan di pintu masuk Taman Pintar sekaligus untuk membantu pengaturan arus lalu lintas dan menyeberangkan pengunjung yang memarkirkan kendaraan mereka di Tempat Parkir Senopati.

Afia pun berharap pengunjung bisa tetap menikmati Taman Pintar saat malam hari karena saat ini tempat wisata dan edukasi tersebut sudah buka hingga pukul 21.00 WIB.

"Kami juga sediakan `coffe shop? yang menyajikan kopi dan berbagai pastry dengan harga terjangkau. Bahkan, pengunjung juga bisa mengakses wifi secara gratis," katanya.

Saat baru dioperasionalkan untuk buka hingga malam hari, Afia menyebut, belum terlalu banyak pengunjung yang datang atau dikunjungi kurang dari 100 orang. Operasional Taman Pintar hingga malam hari ditujukan agar wisatawan dapat lebih leluasa memilih waktu berkunjung ke Taman Pintar.

"Pengunjung yang datang saat malam hari dapat mengakses area playground, perpustakaan dan science theater yang salah satunya menampilkan demo sains menarik.

"Penyegaran terhadap wahana yang ada juga terus dlakukan seperti penambahan lampu hias di Kampung Kerajinan dan penyegaran zona nutrisi hasil kerja sama dengan Sari Husada," katanya.

Selain di Taman Pintar, sejumlah lokasi tujuan wisata di Kota Yogyakarta juga mulai ramai dikunjungi wisatawan pada lebaran hari kedua, salah satunya di Taman Sari dan kawasan Malioboro.



(E013),16-06-2018 16:49:17

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024