Ribuan wisatawan mulai padati Pantai Glagah

id Pantai Glagah

Wisatawan menumpang perahu di laguna atau danau buatan di Pantai Glagah Indah di Kabupaten Kulon Progo (Foto antarafoto.com)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Ribuan wisatawan mulai memadati objek wisata Pantai Glagah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada libur Lebaran 2018, dari Rabu (13/6) hingga Minggu pagi.

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Glagah Agus Subianto di Kulon Progo, Minggu, mengatakan jumlah wisatawan H-2 Lebaran, jumlah kunjungan mencapai 1.232 orang, saat H-1 mencapai 1.197 orang, saat Lebaran kunjungan mencapai 2.653 orang, H+2 sebanyak 5.300 orang.

"Khusus hari ini, sejak subuh hingga 10.45 WIB, jumlah pengunjung sudah mencapai 950 orang. Hari ini, kami menargetkan 3.000 pengunjung," kata Agus.

Ia mengatakan kunjungan didominasi oleh pelancong dari luar daerah. Wisatawan lokal tidak sebanyak dari luar Kulon Progo. Kebanyakan kendaraan yang masuk dari wilayah Jakarta, Jawa Barat hingga Sumatera.

Peningkatan jumlah kunjungan akan terjadi satu minggu ke depan. Pengunjung diperkirakan bakal bertambah hingga dua kali lipat.

"Kami perkirakan rata-rata jumlah kunjungan wisatawan sekitar 2.000 sampai 2.500 orang per hari. Kami tidak dapat memprediksi puncak wisatawan di Pantai Glagah karena libur tahun ini bertepatan dengan libur sekolah," katanya.

Saat ini, untuk memasuki Pantai Glagah Indah, hanya bisa melalui TPR paling ujung timur. Pasalnya, TPR di dekat Balai Desa Glagah telah ditutup untuk kepentingan pembangunan bandara baru.

"Jadi tinggal satu TPR paling timur ini. Semua jalan tikus menuju pantai juga ditutup. Sehingga kendaraan yang masuk TPR sisi timur meningkat hampir 40 persen," katanya.

Meski begitu, Agus beserta petugas TPR mengaku tak kewalahan untuk melayani pengunjung yang ingin berkunjung ke pantai. Pasalnya, arus kendaraan yang masuk bisa terpotong dengan adanya lampu merah di simpang empat Pasar Tradisonal Glagah.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dispar Kulon Progo Sari Wulandari mengatakan jumlah pengunjung Pantai Glagah masih mendominasi kunjungan wisata dan menyetor PAD sangat banyak.

Biasanya, pada musim Lebaran seperti ini, pengunjung Pantai Glagah bisa meningkat lebih dari 25 persen dari hari biasa. Dispar meyakini akan ada 70.000 pengunjung Pantai Glagah sepanjang Juni 2018.

Dispar akan membuat lokasi parkir baru di kawasan Pantai Glagah mengantisipasi kunjungan wisatawan di kebun bunga yang ditanam masyarakat. Jangan sampai kendaraan yang berkunjung ke taman bunga, membuat macet jalan di Pantai Glagah.

"Kami tidak memasang target khusus jumlah pengunjung wisata saat libur Lebaran," katanya.

(U.KR-STR)
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar