Sepuluh negara mengikuti Kejuaraan Tinju Piala Kapolri

id petinju

Sepuluh negara mengikuti Kejuaraan Tinju Piala Kapolri

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak sepuluh negara mengikuti kejuaraan Tinju Internasional Piala Kapolri ke-2 sebagai rangkaian memperingati hari Bhayangkara ke-72 yang diselenggarakan pada 2-9 Juli mendatang di Manado, Sulawesi Utara.  
     
Dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Minggu, disebutkan penyelenggaraan kejuaraan Tinju Internasional Piala Kapolri ke-2 itu atas kerja sama Pengurus Pusat Pertina (PP Pertina) dengan Polda Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Manado. 
    
Ketua Umum Pertina Brigjen Pol Johni Asadoma yang baru saja memboyong para petinju Indonesia berlatih di Ukraina itu mengatakan saat ini sudah 10 negara memastikan diri mengikuti kejuaraan ini, yakni Malaysia, Singapura, Piliphine, Thailand, Vietnam, Jepang, Srilanka, Australia, China Taipe dan Jordania.

Sementara dari dalam negeri ada 20 provinsi memastikan diri untuk berpartisipasi. Kejuaraan ini akan mempertandingkan 8 kelas putra masing-masing kelas 46 kg, 49  kg, 52kg, 56 kg, 60 kg, 64 kg,69 kg dan 75 kg.

Adapun di kelas putri akan dipertandingkan 6 kelas, yaitu kelas 48 kg, 51 kg, 54 kg, 57 kg, 60 kg dan 64 kg.

Kejuaraan ini menjadi ajang 'tryout' bagi petinju Pelatnas Asian Games, karena diikuti petinju-petinju dari sejumlah negara Asia yang akan bertanding di Asian Games Jakarta pada tgl 18 Agustus - 2 September 2018, kecuali Australia.

"Kita bisa mempelajari tehnik-teknik dari petinju-petinju Asia yang akan menjadi lawan kita di Asian Games," katanya. 
    
Jumlah keseluruhan petinju yang akan bertanding lebih dari 200 petinju. "Kejuaraan ini memperebutkan Piala Kapolri dan Medali serta hadiah uang pembinaan. Untuk juara kelas, medali emas mendapatkan hadiah 500 dolar AS, perak 300 dolar AS, dan perunggu 200 dolar AS," tambah Johni Asadoma. 
    
Lebih lanjut, Johni mengatakan juara umum mendapatkan hadiah 5000 dolar AS. Sehingga total hadiah uang yang di perebutkan mencapai 19.000 dolar AS.

Kejuaraan ini untuk memberikan pengalaman kepada para Petinju Indonesia bertarung dengan petinju-petinju dari luar negeri.

Tim Pelatnas Tinju Asian Games yang saat ini sedang mengikuti Pelatnas di Manado Sulawesi Utara akan di terjunkan dalam Kejuaraan ini.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024