Candi Prambanan objek wisata favorit libur Lebaran

id candi prambanan

Candi Prambanan objek wisata favorit libur Lebaran

Objek wisata Candi Prambanan, DI Yogyakarta. (Foto ANTARA/Andreas Fitri)

Sleman (Antaranews Jogja) - Puluhan ribu wisatawan tercatat mengunjungi objek wisata peninggalan sejarah budaya, Candi Prambanan, di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama libur Lebaran 2018.

"Sampai saat ini Candi Prambanan masih menjadi objek wisata favorit wisatawan selama libur Lebaran, tercatat lebih dari 50 ribu wisatawan berkunjuk sejak hari H hingga H+3 Lebaran," kata Kepala Unit Candi Prambanan, PT Taman Wisata Candi (TWC) Brobudur, Prambanan dan Ratu Boko Aryono, Selasa.

Menurut dia, puncak kunjungan wisatawan diperkirakan terjadi pada H+3 atau Senin 18 Juni 2018 dengan jumlah pengunjung mencapai 30.400 wisatawan.

"Jika dibandingkan tahun lalu puncak kunjungan wisatawan juga terjadi pada H+3 dengan jumlah wisatawan mencapai sekitar 29.000," katanya.

Ia mengatakan, diperkirakan kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan masih akan tinggi hingga H+5 atau Rabu 20 Juni.

"Namun jumlah pengunjung per hari kemungkinan hanya berkisar pada angka 20.000 lebih sedikit," katanya.

Aryono mengatakan, pada libur Lebaran tahun ini pengunjung tercatat pada hari H sebanyak 7.000 lebih wisatawan, kemudian pada H+1 sebanyak 17.000 wisatawan dan pada H+2 sebanyak 27.000 wisatawan.

"Dengan demikian puncak kunjungan wisatawan sudah terjadi pada H+3 kemarin sebanyak 30.000 wisatawan lebih," katanya.

Ia mengatakan, untuk jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada libur Lebaran tahun ini masih stabil di angka 350 hingga 400 orang per hari.

"Wisatawan manca rata-rata hanya sekitar 10 persen saja," katanya.

Ia mengatakan, banyak keunggulan wisatawan yang berkunjung ke lokasi candi tersebut. Pasalnya, wisatawan tidak hanya melihat-lihat candi sebagai warisan budaya tetapi juga ikut belajar memahami sejarah bangsa.

"Banyak inspirasi yang muncul, mulai dari mempelajari estetika arsitektur candi yang luar biasa, arkeologi hingga cerita relife. Semua bisa dipelajari wisatawan," katanya.

Selain itu, kata dia, pengelola juga menghadirkan hiburan-hiburan tambahan bagi pengunjung untuk lebih semaraknya objek wisata Candi Prambanan.

"Saat di pintu masuk pengunjung sudah bisa menikmati `kampung dolanan anak`, kemudian setiap pergantian shift juga ada kirab `bergodo` dan juga panggung hiburan seperti kesenian jathilan dan pentas musik band," katanya.Budi Suyanto



 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024