Arus balik kendaraan di Kulon Progo normal

id Arus balik

Arus balik kendaraan di Kulon Progo normal

Ilustrasi (Foto ANTARA/doc)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Volume kendaraan pada arus balik Lebaran di Jalan Nasional Yogyakarta-Purworejo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu, berjalan normal dan tidak ada kemacetan.

"Sekarang arus lalu lintas landai-landai saja. Arus balik yang melalui Kulon Progo sangat lancar," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kulon Progo Hera Suwanto di Kulon Progo, Rabu.

Ia mengatakan puncak arus balik Lebaran 2018 yang melalui Kulon Progo terjadi pada Senin (18/6) dan Selasa (19/6).

Hal ini menyebabkan sejumlah ruas jalan di Kulon Progo mengalami kemacetan, seperti di Simpang Tiga Ngeplang, Simpang Empat Ngelo, Tugu Pensil dan Simpang Lima Karangnongko.

"Pada saat puncak arus balik, pihak Polres Kulon Progo melakukan pengaturan secara manual dan rekayasa lalu lintas supaya tidak terjadi kemacetan dan penumpukan kendaraan," kata Hera.

Ia mengatakan penyebab kemacetan lalu lintas di Simpang Tiga Ngeplang arah Kota Yogyakarta karena terjadi kemacetan di Simpang Tiga Klagon yang masuk wilayah Kabupaten Bantul. Di sana, menurut dia, tidak ada pos pengamanan, sehingga terjadi kemacetan parah.

"Dampak kemacetan Simpang Tiga Klangon berdampak kemacetan dan antrean panjang kendaraan di Kulon Progo mulai dari depan Koramil Sentolo sampai Klangon. Kami tidak bisa berbuat banyak, karena sudah menjadi kewenangan kabupaten lain," katanya.

Untuk mengatasi kemacetan tersebut, lanjut Hera, Dishub memberlakukan kendaraan dari arah barat belok ke kiri arah Magelang, nanti kalau ada yang akan ke Yogyakarta bisa lewat Kenteng, Nanggulan.

"Kami mengarahkan kendaraan yang akan ke Magelang belok ke kiri, sehingga dapat mengurangi kemacetan," katanya.

Salah satu pengendara mobil yang akan balik ke Jakarta Selatan Sarwoto mengatakan dirinya memilih berangkat Rabu ini ke Jakarta menghindari kemacetan. Selain itu, dirinya masuk kerja pada Senin (25/6).

"Lalu lintas lancar. Kalau seperti ini terus, sampai Jakarta sekitar 22.00 WIB. Saya balik ke Jakarta juga tidak tergesa-gesa, sehingga bisa istirahat sampai Minggu (24/6)," katanya.



(U.KR-STR) 20-06-2018 15:59:49


 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024