Kepadatan kendaraan ke destinasi wisata Parangtritis berkurang

id Parangtritis

Icon Pantai Parangtritis Bantul D.I.Yogyakarta (Foto Antara/Deni Priyatin/ags/15)

Bantul (Antaranews Jogja) - Kepadatan arus lalu lintas ke arah destinasi wisata Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (20/6) atau H+5 Idul Fitri 1439 Hijriah berkurang dibandingkan pada beberapa hari sebelumnya.

"Hari ini, arus lalu lintas sudah jauh berkurang daripada kemarin dan hari sebelumnya, karena hari ini merupakan hari terakhir libur cuti bersama," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bantul Agus Jaka Sunarya di Pos Lebaran Gabusan Jalan Parangtritis Bantul, Rabu.

Menurut dia, kepadatan arus lalu lintas terutama arus wisatawan di sepanjang Jalan Parangtritis berkurang karena para pemudik atau pegawai sudah melakukan perjalanan ke tempat perantauan, sehingga orang yang mengunjungi wisata berkurang dibanding sebelumnya.

Agus mengatakan, karena kepadatan arus wisatawan di sepanjang Jalan Parangtritis berkurang, maka berdampak pada kondisi lalu lintas di jalur tersebut yang terpantau lancar dan tidak terjadi penumpukan antrean kendaraan yang panjang di simpang lampu merah.

"Kemudian rekayasa lalu lintas yang kemarin kita lakukan sekarang sudah manual, kita ikuti rambu yang ada tidak perlu rekayasa lagi. Cuma kita lihat sore ini arus balik wisatawan seperti apa, akan kita rekayasa lagi seandainya diperlukan," katanya.

Dia menjelaskan, arus lalu lintas di Jalan Parangtritis sejauh ini "landai", tidak seperti hari-hari sebelumnya yang terkadang mengalami penumpukan hingga personel melakukan pengaturan arus, bahkan kendaraan yang melintas diprediksi berkurang 100 persen dari hari sebelumnya.

"Kalau kemarin kendaraan yang melintas sekitar 10 ribuan, namun hari ini jauh berkurang, sekitar lima ribuan kendaraan, itu hitungan per hari yang melintas ke selatan dari simpang empat Bakulan, titik pantaunya di sana," katanya.

Ia mengatakan, puncak kepadatan arus wisatawan ke Pantai Parangtritis yang menjadi objek wisata andalan di Bantul tersebut terjadi pada Minggu (17/6) atau H+2 Lebaran, yang diprediksi mencapai 12 ribuan kendaraan mayoritas roda empat yang melintas.

"Pada puncaknya Minggu kemarin kendaraan yang melintas lebih dari 10 ribu, kira-kira sebanyak 12 ribuan, setelah hari Minggu tetap ramai, tapi tidak seramai Minggu, karena sudah sedikit berkurang," katanya.



(T.KR-HRI) 20-06-2018 15:01:13

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar