238.000 wisatawan kunjungi objek wisata di Bantul libur Lebaran

id parangtritis

238.000 wisatawan kunjungi objek wisata di Bantul libur Lebaran

Wisatawan menikmati matahari terbenam di Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Bantul (Antara) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat sebanyak sekitar 238.000 wisatawan dari berbagai daerah mengunjungi semua destinasi wisata di daerah ini selama libur Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Laporan dari teman-teman pemungut retribusi wisata di semua objek, selama libur Lebaran sampai dengan kemarin (Rabu, 20/6) sore sudah sekitar 238 ribuan pengunjung," kata pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru di Bantul, Kamis.

Menurut dia, ratusan ribu wisatawan tersebut terdata dari semua Tempat Pemungut Retribusi (TPR) objek wisata Bantul yang diberlakukan tarif retribusi sejak hari H Lebaran atau Jumat (15/6) sampai dengan H+5 Lebaran atau Rabu (20/6).

Objek wisata itu antara lain Pantai Parangtritis dengan Pantai Depok, Pantai Samas, Pantai Kuwaru, Pantai Gua Cemara dan Pantai Pandansimo serta dua objek wisata non-pantai yaitu Gua Cerme dan Gua Selarong.

"Saya lihat pengunjung di pantai sisi barat peningkatan rata-rata 20 persen dari tahun sebelumnya, kalau yang sisi timur relatif stagnan. Kalau rata-rata per hari antara 40 ribu sampai 48 ribuan wisatawan di semua objek," katanya.

Kwintarto mengatakan, dari tingkat kunjungan wisatawan selama libur Lebaran tersebut jika dihiting pendapatan asli daerah (PAD) dari penarikan retribusi, mencapai lebih dari Rp2 miliar, sebab rata-rata tarif masuk per orang Rp10.000 per objek.

"Sesuai dengan Perbup (Peraturan Bupati) yang baru, tarif retribusi sudah bulat sebesar Rp10 ribu, sehingga penarikan retribusi kepada wisatawan rata-rata lancar, tidak mengalami kemacetan panjang di setiap pintu TPR masuk wisata," katanya.

Menurut dia, selama libur Lebaran 2018 ini, pihaknya manargetkan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 300 ribu orang di semua objek wisata, perhitungan kunjungan itu sampai dengan hari Minggu (24/6) atau hingga beberapa hari ke depan.

"Target kita itu 300 ribu wisatawan sampai dengan Minggu (24/6) besok, sehingga pelaksanaan pemungutan retribusi sampai hari Minggu, karena teman-teman kita piketkan sampai Minggu besok, kalau saya optimtistis target kunjungan bisa tercapai," katanya.