Pemkab diminta tunjuk PLT lurah yang independen

id Dprd bantul

Pemkab diminta tunjuk PLT lurah yang independen

Kantor DPRD Bantul DIY (Foto Antara/Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta meminta pemerintah setempat menunjuk pelaksana tugas lurah yang independen untuk pemerintah desa yang akan mengalami kekosongan pimpinan.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bantul Setiya, di Bantul, Jumat, mengatakan sejumlah lurah desa di Bantul akan mengakhiri masa baktinya pada Juni 2018, sementara pemilihan lurah desa (pilurdes) serentak baru akan dilaksanakan pada November.

"Artinya akan ada kekosongan kepemimpinan di pemerintah desa. Untuk itu saya meminta Bupati Bantul memastikan penunjukan pelaksana tugas lurah desa benar-benar bisa dijaga independensinya," katanya.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banguntapan ini mengatakan, dengan plt lurah desa yang independen maka diyakini pelaksanaan pilurdes dapat meningkat kualitasnya.

"Setidaknya ada dua tugas utama plt lurah, yakni memastikan proses pilurdes berjalan secara demokratis dan aman, dan tugas kedua adalah menjalankan pemerintahan reguler di desa, berupa pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Setiya mengatakan, karena pengisian posisi lurah atau kepala desa dilakukan dengan cara pemilihan langsung oleh masyarakat, maka menjadi tugas plt lurah desa untuk memastikan semua proses pilurdes berjalan dengan baik.

"Sebagaimana pada prinsip pemilihan umum (pemilu) yang luber jurdil. Langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," katanya lagi.

Ia mengatakan, melalui pemilihan lurah desa yang berkualitas akan terpilih lurah desa-lurah desa yang juga berkualitas sesuai visi Bupati Bantul untuk Makaryo Mbangun Desa atau menjadikan desa sebagai basis utama pembangunan.

"Karena saat ini keberadaan pemerintah desa sangat strategis dalam pembangunan, kewenangan dan anggarannya sekarang makin besar. Dan kita melihat beberapa desa yang dipimpin oleh lurah yang visioner dan kreatif mampu mengembangkan potensi desanya," katanya pula.

Pihaknya berharap, pemerintahan desa di Bantul nantinya juga mampu memajukan dan menyejahterakan warganya, selain memberikan layanan prima kepada masyarakat. Apalagi Bantul memiliki banyak lurah desa yang berprestasi.

"Kita berharap momentum pilurdes mendatang akan menghadirkan pemimpin-pemimpin terbaik di setiap desa. Generasi muda silakan berpartisipasi untuk memajukan desanya, melalui pemilihan yang demokratis," katanya lagi.



(T.KR-HRI) 22-06-2018 07:13:15


 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024