Yogyakarta antisipasi kepadatan arus balik di perbatasan

id kepadatan lalu lintas, gelombang dua arus balik, perbatasan

Yogyakarta antisipasi kepadatan arus balik di perbatasan

Kepadatan arus lalu lintas Yogyakarta-Wonosari (Foto ANTARA/Mamiek)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan melakukan antisipasi untuk mengatasi kepadatan lalu lintas arus bali Lebaran 2018 di wilayah perbatasan yang diperkirakan terjadi akhir pekan ini.
   
“Peningkatan kepadatan arus lalu lintas di ruas-ruas jalan yang ada di wilayah perbatasan diperkirakan terjadi pada gelombang kedua arus balik Lebaran pada Sabtu (23/6) dan Minggu (24/6),” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto di Yogyakarta, Jumat.
   
Menurut dia, peningkatan kepadatan volume kendaraan pada akhir pekan akan terjadi merata di seluruh daerah perbatasan di Kota Yogyakarta yang menghubungkan Yogyakarta dengan jalur utama menuju berbagai kota besar di Pulau Jawa.
   
Oleh karena itu, lanjut Golkari, langkah yang akan dilakukan apabila terjadi kepadatan di wilayah perbatasan adalah dengan mengatur durasi lampu lalu lintas.
   
Durasi lampu hijau yang mengarah ke luar kota akan diperpanjang sehingga kendaraan pemudik tidak perlu terjebak antrean terlalu lama di tiap simpang karena berpotensi semakin menambah kepadatan lalu lintas.
   
Pengaturan durasi lampu lalu lintas dapat dilakukan melalui ruang kontrol di Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta untuk lampu lalu lintas yang sudah dilengkapi dengan sistem “area traffic control system” (ATCS). 
   
Lampu lalu lintas di jalur utama Kota Yogyakarta yang menghubungkan simpang Wirobrajan di sisi barat hingga simpang empat SGM di sisi timur Yogyakarta sudah dilengkapi dengan ATCS.
   
Selain itu, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta sudah memasang sejumlah rambu yang akan mengarahkan pemudik untuk menggunakan jalur alternatif sehingga tidak perlu melintas ke pusat Kota Yogyakarta terlebih dulu.
   
Golkari juga menyebut, kondisi lalu lintas di pusat kota atau tempat-tempat wisata sudah berangsur lancar setelah sempat mengalami kepadatan pada awal pekan. “Kepadatan mungkin akan kembali terjadi pada akhir pekan ini meski tidak sepadat saat awal libur Lebaran,” kata Golkari.
   
Manajemen lalu lintas dengan memasang pembatas jalan di sejumlah ruas jalan utama di Kota Yogyakarta tetap akan diterapkan untuk mengurangi pengguna jalan yang akan memotong jalur atau berbalik arah. “Hambatan seperti itu bisa menambah kepadatan lalu lintas,” katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024