Dispar Bantul klaim tak ada kendala penarikan retribusi wisata pantai

id Pantai,Bantul

Dispar Bantul klaim tak ada kendala penarikan retribusi wisata pantai

Wisatawan menikmati matahari terbenam di Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. () (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan penarikan retribusi objek wisata pantai selatan setempat selama libur Lebaran 2018 berjalan lancar.

"Dengan tarif retribusi baru yang kami berlakukan mulai libur Lebaran ini Alhamdulillah, pemungutan retribusi di semua objek wisata khususnya pantai berjalan lancar," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru di Bantul, Senin.

Menurut dia, tarif retribusi sesuai Peraturan Bupati (Perbup) tentang Retribusi Wisata Pantai ditetapkan sebesar Rp10 ribu per orang atau mengalami kenaikan dibanding sebelumnya yang masih Rp6 ribu per orang.

Ia mengatakan, penaikan retribusi wisata mulai libur Lebaran 2018 itu di antaranya bertujuan mengurangi antrean kendaraan di tempat pemungutan retribusi (TPR) pantai akibat transaksi pembelian tiket, karena nominal sudah bulat.

"Dengan tarif retribusi yang sudah bulat penarikan retribusi rata-rata lancar, tidak alami kemacetan berkepanjangan, memang cukup padat ada berhenti beberapa waktu, tapi tidak separah dari tahun sebelumnya," katanya.

Kwintarto menjelaskan, pemda berani menaikkan tarif retribusi wisata itu karena beberapa pertimbangan, di antaranya karena fasilitas yang sudah disediakan di kawasan wisata memadai dan terus ditambah dan dikembangkan.

"Kedua, tetangga sebelah (Kabupaten Gunung Kidul) tarifnya Rp10 ribu per orang untuk kawasan pantai relatif tidak masalah. Bahkan, di Bantul bisa masuk di beberapa objek pantai dengan satu tiket wisata, baik pantai di sisi timur maupun sisi barat," katanya.

Ia juga mengatakan, selama libur Lebaran 2018 petugas pemungut retribusi wisata pantai juga ditekankan agar memberikan pelayanan yang optimal, mengingat selama liburan terjadi lonjakan wisatawan yang berkunjung ke pantai.

"Saya lihat di pantai sisi barat peningkatan pengunjung rata-rata 20 persen dari tahun sebelumnya, kalau sisi timur masih relatif stagnan. Kalau dirata-rata per hari selama libur Lebaran jumlah pengunjung antara 40 ribu sampai 48 ribu di semua objek wisata," katanya.

(T.KR-HRI)