Aleksa permudah pencarian referensi lokal Yogyakarta

id aleksa, perpustakaan kota yogyakarta, konten lokal yogyakarta

Aleksa permudah pencarian referensi lokal Yogyakarta

Inovasi layanan Aleksa, Ada Koleksi Lokal Konten Yogyakarta di Perpustakaan Kota Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Perpustakaan Kota Yogyakarta akan segera meluncurkan Aleksa yaitu inovasi baru untuk memudahkan pengunjung perpustakaan atau pemustaka mencari koleksi buku yang berisi berbagai referensi lokal tentang Yogyakarta.
   
“Layanan baru ini memang belum diluncurkan secara resmi, tetapi sudah bisa dinikmati oleh pengunjung Perpustakaan Kota Yogyakarta,” kata Kepala Seksi Pelestarian Koleksi Pustaka dan Naskah Kuno Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Ismawati Retno di Yogyakarta, Rabu.
   
Aleksa atau Ada Koleksi Lokal Konten Yogyakarta dapat diakses di lantai dua gedung Perpustakaan Kota Yogyakarta yang berada di Jalan Suroto Kotabaru. Pengunjung dapat mencari berbagai informasi terkait Yogyakarta melalui ratusan buku yang menjadi koleksi Aleksa.
   
Koleksi buku di Aleksa menyajikan informasi mengenai budaya tradisional, informasi populer, potensi daerah, sejarah, pariwisata, arsitektur kota, karya sastra, kajian seni budaya, hingga perkembangan pembangunan Yogyakarta dari waktu ke waktu.   
   
Ismawati menyebut, inovasi Aleksa dimulai dari banyaknya pengunjung perpustakaan yang merasa kesulitan saat harus mencari buku yang bisa dijadikan referensi terkait Yogyakarta.
   
“Misalnya saja mahasiswa yang membutuhkan buku untuk penelitian tentang Yogyakarta. Mereka sulit memperoleh buku yang dibutuhkan karena letaknya tersebar. Oleh karena itu, kami berinisiatif mengelompokkan buku-buku tentang Yogyakarta di pojok khusus sehingga muncul Aleksa,” katanya.
   
Ismawati menyebut, buku yang menjadi koleksi Aleksa berjumlah ratusan termasuk buku-buku kuno tentang Yogyakarta yang berbahasa Belanda terbitan 1930.  “Buku tersebut kami masukkan ke rak kaca khusus agar bisa terjaga kualitasnya karena masuk kategori buku kuno,” katanya.
   
Perpustakaan Kota Yogyakarta berupaya untuk terus menambah buku koleksi Aleksa, salah satunya dengan mengirimkan surat edaran ke seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk dapat menyalurkan buku atau majalah yang diterbitkan ke Perpustakaan Kota Yogyakarta agar menjadi koleksi Aleksa.
   
“Harapannya, pekan pertama Juli sudah ada tambahan koleksi berupa buku atau majalah terbitan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta,” katanya.
   
Selain Aleksa, sejumlah inovasi layanan rutin dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta di antaranya, Pojok Sirima atau presiden dari masa ke masa yang berisikan buku koleksi mengenai seluruh presiden Indonesia.  “Ada juga Popi atau Pojok Lipi, Belinda atau ‘blind corner’ untuk anda, hingga Kartika atau koran dan majalah terbitan berkala,” katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024