Bupati berharap koperasi dapat sejahterakan anggota

id suharsono

Bupati Bantul,Suharsono (ANTARA FOTO/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Suharsono mengharapkan koperasi di kabupaten ini dapat dikelola pengurus dengan optimal sehingga mampu menyejahterakan anggota dan masyarakat setempat.
    
"saya mengajak kepada semua pengurus koperasi untuk bisa mengelola koperasi yang dilandasi dengan kerja serius dan iklas untuk mensejahterakan anggota dan masyarakat sekitarnya," kata Bupati pada acara Sarasehan Hari Koperasi ke-17 Tahun 2018 Bantul di Bantul, Kamis.
    
Bupati Bantul mengatakan, atas nama Pemkab Bantul menyampaikan apresiasinya adanya sarasehan dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-71 Tahun 2018 dengan mengundang perwakilan dari semua koperasi yang ada di Bantul.
    
"Koperasi harus mampu memaksimalkan kekayaan yang ada serta dapat melayani para anggotanya. Untuk mengimbangi eksitensi koperasi, tentunya dari dinas juga harus bisa memberikan kemudahan izin kepada koperasi di Bantul," katanya.
    
Sementara itu Ketua Panitia Sarasehan Hari Koperaso Bantul Sumiharto mengatakan, di Bantul hingga Mei 2018 terdapat koperasi berbadan hukum berjumlah 437 unit dengan anggota sebanyak 165.056 orang, serta investasi sebesar Rp200.800.368.000.
    
Ia mengatakan, dari sebanyak 437 kopersasi tersebut sebagian besar berupa koperasi simpan pinjam dalam bentuk koperasi konvensional dan syariah.
    
"Dari koperasi sebanyak yang dinyatakan sehat sebanyak 79 koperasi, cukup sehat 147 koperasi dan dalam pengawasan ada satu koperasi," katanya.
    
Menurut dia, koperasi di Bantul saat ini, selain mampu menumbuhkan usaha mikro sebesar delapan persenh juga mampu menumbuhkan usaha kecil serta mampu mengurangi kesenjangan Gini Rasio di masyarakat Bantul.
    
Sedangkan tujuan diadakan sarasehan koperasi ini, kata dia, diantaranya untuk meningkatkan motivasi gerakan koperasi dan untuk penguatan koperasi, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Bantul.
     
"Tujuan lain dari sarasehan ini adalah melalui gerakan koperasi diharapkan bisa melahirkan wirausaha baru dan menguatkan usaha yang telah ada," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar