Polda DIY menilai "Kampung Tertib Lalu Lintas"

id polda DIY

Polda DIY menilai "Kampung Tertib Lalu Lintas"

Polda D.I.Yogyakarta (ANTARA FOTO/Rizky)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melmemberikan penilaian Dusun Purbosari, Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, sebagai "Kampung Tertib Lalu Lintas".
     
Kasubdit Dikyasa Dit Lantas Polda DIY AKBP Sulasmi di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan keberadaan Kampung Tertib Lalu Lintas di Purbosari sendiri bisa menjadi contoh bagi kampung sekitar, aehingga masyarakat akan memiliki kesadaran untuk selalu tertib saat berkendara.
     
"Dimulai dari tingkat padukuhan, nanti akan naik ke desa, kecamatan dan seterusnya. Sehingga nantinya tidak ada lagi pelanggaran yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas," katanya.
     
Dia menilai perilaku miring yang selama ini masyarakat lakukan. Dirinya tak menampik di pedesaan sering melakukan pelanggaran, tidak memakai helm dengan dalih jarak tempuhnya dekat. Namun dengan gerakan tertib lalu lintas, masyarakat bisa taat mulai dari hal kecil yang kasat mata seperti menggunakan helm.
     
"Nanti juga bagaimana mitra kita menegur pelanggar yang masuk ke kampung. Masyarakat berhak memberikan sanksi sosial dengan teguran senyum salam sapa," katanya.
     
Sulasmi mengatakan ke depan kampung tertib lalulintas apat menjadi tempat wisata edukasi. Selain itu, tujuan utama dari lomba ini dapat terlaksana.
     
"Tujuan utamanya adalah keselamatan. Karena tingkat kecelakaan lalu lintas cukup tinggi. Semoga ke depan setelah kita evaluasi sudah tidak ada pelanggaran maupun kecelakaan," katanya.
     
Ia mengatakan kampung lalu lintas di DIY akan dilakukan perlombaan dari perwakilan 4 kabupaten dan satu kotamadya.
     
"Kriteria penilaian kita ada banyak poin diantaranya terkait rambu-rambu yang ada di desa, tingkat pelanggaran dan partisipasi mitra kita (masyarakat) dalam menciptakan keselamatan lalu lintas," katanya.
     
Kasatlantas Polres Gunung Kidul AKP Mega Tetuko mengatakan pihaknya berharap dengan adanya kampung tertib lalulintas di Purbosari, bisa menumbuhkan semangat tertib lalu lintas di Gunung Kidul mulai dari masyarakat itu sendiri.   "Jadi diharapkan kedepan kesadaran tertib lalu lintas bisa tumbuh sendiri," katanya.