DIY beri dukungan penataan wajah Kota Yogyakarta

id pedestrian

DIY  beri dukungan penataan wajah Kota Yogyakarta

Suasana kawasan pedestrian Jalan Suroto Kotabaru yang akan direvitalisasi untuk menegaskan kawasan cagar budaya tersebut sebagai "garden city" bergaya Indis (ANTARA FOTO/Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Gubernur DIY Sri Sultan HB X memastikan akan memberikan dukungan terhadap upaya penataan wajah Kota Yogyakarta, salah satunya melalui mekanisme pengganggaran dana keistimewaan.
   
“Selama ini juga sudah diberikan, seperti penataan Malioboro dan kawasan Kotabaru. Itu semua menggunakan dana keistimewaan,” kata Sri Sultan HB X usai syawalan di Pemerintah Kota Yogyakarta, Jumat.
   
Menurut dia, Pemerintah Kota Yogyakarta dapat memanfaatkan dana keistimewaan (danais) untuk kebutuhan penataan, bahkan dana tersebut bisa dimanfaatkan hingga tingkat dukuh atau strata lain yang setara.
   
Pada tahun ini, Pemerintah Kota Yogyakarta mengawali kegiatan penataan kawasan Kotabaru dengan melakukan revitalisasi jalur pedestrian di Jalan Suroto yang didanai menggunakan dana keistimewaan dengan alokasi anggaran sekitar Rp9,5 miliar.
   
Revitalisasi pedestrian untuk mengembalikan citra kawasan Kotabaru sebagai “garden city” bergaya Indis tersebut direncanakan dapat diselesaikan pada akhir tahun dan jika memungkinkan akan dilanjutkan dengan penataan boulevard Jalan Suroto.
   
Pemerintah Kota Yogyakarta baru bisa melakukan penataan boulevard di Jalan Suroto apabila ada tambahan dukungan dana keistimewaan dari Pemerintah DIY.
   
Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta siap melakukan revitalisasi boulevard di Jalan Suroto pada tahun ini jika perubahan anggaran dana keistimewaan disetujui. Tetapi jika tidak disetujui, maka bisa dianggarkan tahun depan.
   
Kawasan Kotabaru, merupakan satu dari lima kawasan cagar budaya di Kota Yogyakarta selain Malioboro, Kraton, Pakualaman dan Kotagede.
   
Usai penataan kawasan Kotabaru di Jalan Suroto, Pemerintah Kota Yogyakarta berencana melakukan penataan di Jalan Sudirman hingga Jalan Diponegoro.
   
Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengharapkan agar Pemerintah DIY dapat terus memberikan dukungan teknis maupun anggaran untuk kebutuhan penataan wajah Kota Yogyakarta, khususnya di kawasan cagar budaya dapat berjalan dengan baik.
   
“Tujuannya, agar kawasan cagar budaya ini bisa tetap terjaga,” kata Haryadi. 
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024