Amien Rais mendapatkan dukungan maju capres Pemilu 2019

id amien rais

Amien Rais mendapatkan dukungan maju capres Pemilu 2019

Amien Rais (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mendapat dukungan dari Koalisi Umat Madani untuk maju menjadi calon presiden (Capres) dalam Pemilu 2019.

         "Keinginan Amin Rais maju muncul dari pribadi yang ingin menyelamatkan bangsa dan negara," kata Ketua Koalisi Umat Madani Syarwan Hamid di Jakarta, Sabtu.

         Syarwan menyebut tokoh reformasi itu dapat membawa kondisi politik lebih kondusif dan perekonomian lebih baik, apalagi ia mengaku khawatir dengan adanya pihak asing menguasai sektor-sektor penting perekonomian.

         Mantan menteri dalam negeri itu menilai kemenangan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad yang didukung koalisi umat Malaysia menjadi inspirasi untuk mendukung Amien Rais.

         Pihaknya menegaskan dukungan pada Amien Rais bukan berarti menunjukkan tokoh oposisi lain tidak layak untuk maju dalam pemilihan presiden, melainkan pihaknya ingin proses penggalangan kekuatan berbasis umat lebih mudah.

         Deklarasi dukungan kepada Amien Rais tersebut, disadarinya akan menghadapi pro dan kontra, khususnya dalam kalangan Islam sendiri, tetapi ia berharap para tokoh politik dan ulama dapat bersatu.

         "Kita harus perkuat esensi makna persamaan-persamaan, menghadapi musuh bangsa yang seharusnya sama-sama dihadapi," tutur dia.

         Syarwan enggan mengatakan mengenai komunikasi yang telah dijalin dengan partai-partai untuk mendukung Amien Rais untuk maju menjadi calon presiden.

         Ia hanya menekankan yakin akan dukungan dari elemen-elemen organisasi masyarakat yang kuat dan teguh, misalnya Presidium Alumni 212.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024