Menko PMK canangkan Hari Kebangkitan Lansia

id puan maharani

Menko PMK canangkan Hari Kebangkitan Lansia

Menko PMK Puan Maharani (antaranews.com)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mencanangkan Hari Kebangkitan Lansia pada puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasionak ke-22 di Lapangan Paskhas TNI Angkatan Udara, Sleman, Kamis.
       
Puan mengatakan pencanangan Hari Kebangkitan Lanjut Usia memiliki tujuan untuk mendukung para lansia agar tetap produktif dan mampu hidup bersemangat dan sejahtera.
       
"Kami mencanangkan hari kebangkitan lansia agar para lansia tetap bisa diberdayakan, tetap produktif sehingga bisa ikut menjaga keluarga sehingga tetap semangat, sehat, dan sejahtera," kata dia.
       
Menurut Puan, pencanangan Hari Kebangkitan Lansia sengaja dilakukan di DIY karena termasuk salah satu provinsi dengan jumlah lansia terbanyak.
       
Selain mendukung para lansia agar tetap produktif, menurut dia, pencanangan itu juga merupakan bagian dari bentuk penghormatan kepada para lansia atas pengabdian mereka kepada bangsa. "Pencanangan ini sebagai bentuk penghormatan atas pengabdian mereka kepada bangsa," kata Puan.
       
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Menteri Sosial Idrus Marham menyerahkan draf perubahan UU Nomor 13 tahun 1998 dari masyarakat kepada Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher dengan harapan agar dapat segera masuk  Program Legislasi Nasional (Prolegnas). "Draf ini untuk segera dibahas agar kesejahteraan lansia nanti semakin bagus," kata Idrus.
       
Menurut Idrus, Undang-Undang (UU) akan memposisikan para lansia sebagai salah satu penyangga pembangunan serta sebagai pengawas nilai-nilai budaya bangsa, serta sebagai inspirator dan motivator generasi selanjutnya.