Sultan berharap Capaja AAU siap hadapi tantangan

id Angkatan udara,Sultan

Sultan berharap Capaja AAU siap hadapi tantangan

Para capaja Akademi Angkatan Udara (AAU) berpamitan dengan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X di Bangsal Kepatihan, Jumat (6/7). (ANTARA FOTO/Luqman Hakim)

 Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hemangku Buwono X berharap para calon perwira remaja Akademi Angkatan Udara  siap menghadapi tantangan yang terus berkembang dengan memegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.
       
"Tantangan yang ada dan akan dihadapi selalu berkembang, oleh karena itu pendidikan di Akademi Angkatan Udara (AAU) bukanlah akhir, tetapi  baru awal  dalam pengabdian sebagai prajurit," kata Sultan saat acara Pamitan Calon Perwira Remaja (Capaja) Akademi Angkatan Udara Tingkat IV lulusan AAU Yogyakarta Tahun 2018 di Bangsal Kepatihan, Jumat.
       
Sultan berharap para calon perwira remaja AAU terus memiliki semangat untuk belajar bukan hanya dari buku, tetapi juga dari kakak lulusannya, dari para seniornya, serta masyarakat. 
     
 "Yang lebih penting lagi yaitu belajar dari lingkungan dengan cara dialog dengan sejawat untuk menambah dan meningkatkan wawasan budaya," kata dia.
       
Dalam kesempatan itu, Raja Keraton Ngayogyakarta ini juga mewanti-wanti agar para capaja AAU tidak melibatkan diri pada isu fundamentalisme dan terorisme. 
     
"Menjadi prajurit sudah menjadi pilihan hidup dan mati untuk negara. Jadi politiknya adalah politik untuk negara. Jangan mudah terpengaruh lingkungan yang negatif, harus membaur dengan masyarakat dan hati-hati jangan sampai terjerumus narkoba," kata Sultan.
     
Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsekal Muda TNI Srimulyo Handoko mengatakan Capaja lulusan AAU Tahun 2018 berjumlah 119 orang terdiri atas 110 taruna dan 9 taruni. 
   
 Mareka telah menyelesaikan pendidikan di AAU dan telah diwisuda oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna pada 28 Juni 2018.
     
"Para Capaja selanjutnya akan mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Presiden RI pada 19 Juli 2018 bersama-sama lulusan Akmil, Akpol dan Akademi Angkatan Laut," kata Srimulyo.
     
Dalam acara pamitan itu, para capaja berjabat tangan dengan Gubernur DIY dan Gubernur AAU, diikuti penyerahan cenderamata dari Gubernur AAU kepada Gubernur DIY.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar