PPDB SMP/MTS Gunung Kidul lancar

id PPDB,Gunung Kidul

PPDB SMP/MTS Gunung Kidul lancar

Pelaksanaan verifikasi PPDB jalur zonasi di salah satu SMP negeri (ANTARA FOTO/eka Arifa Rusqiyati)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Hari terakhir Penerimaan Peserta Didik Baru 2018 secara online tingkat SMP/MTs di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berjalan lancar, namun masih ada orang tua yang mengeluh terkait titik koordinat yang tidak sesuai dengan kenyataan. 
     
Kepala Disdikpora Gunung Kidul Bahron Rosyid di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan hari terakhir, pihaknya menilai jaringan internet yang sempat menjadi kendala dalam PPDB sudah lancar. "Untuk hari ini sudah lancar," katanya.
     
Ia mengatakan sampai pada hari terakhir ini sudah ada 9.200 siswa yang mendaftar. Dari data tersebut diketahui tinggal 600 siswa yang melakukan pendaftaran online.
     
"Pengumuman besok akan kita sampaikan 10.00 WIB. Kami pastikan semua siswa dapat sekolah," katanya.
     
Terkait adanya keluhan orang tua siswa soal koordinat yang tidak sesuai kenyataan, Bahron mengatakan pihak sekolah diperintahkan untuk mengecek satu persatu data siswa dengan datang ke rumah.
     
"Petugas atau guru dari SD sudah kami tugaskan mengecek satu persatu alamat siswa memastikan selain juga mensosialisasikan masalah PPDB online dan zonasi ini,” paparnya.
     
Ia mengatakan untuk mengatasi masalah tersebut pihak Disdikpora Gunungkidul membuat posko pengaduan di kantor dinas, agar dapat ditangani oleh petugas.
     
"Segala permasalahan yang ada akan menjadi bahan evaluasi. Sehingga ke depan tidak ada permasalahan serupa yang muncul ke permukaan," katanya.
     
Sementara itu, salah seorang wali murid, Kris mengatakan, dirinya mendaftarkan anaknya di SMP Negeri 1 Wonosari dan mengisi titik koordinat rumahnya. Namun ternyata titiknya salah. Dia berharapya ke depan data siswa benar-benar diteliti melalui KK, agar tidak terjadi perbedaan, karena sisetem zonasi mengurangi poin. 
     
"Anak saya beberapa bulankan ikut kakeknya, alamatnya berbeda dengan di KK, lalu dicatat yang alamat kakeknya itu, ya jadi lebih jauh dari sekolah yang diinginkan ini. Otomatis mengurangi poin," katanya.