Dispar Sleman optimistis target kunjungan wisman terlampaui

id Tebing breksi

Wisatawan di Taman Tebing Breksi di perbukitan Desa Sambirejo, Sleman, Yogyakarta Selasa (22/11/16). Jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Taman Tebing Breksi pada 2016 mengalami peningkatan yang tajam. (Foto ANTARA)

Sleman, (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta optimistis target kunjungan 400.000 wisatawan mancanegara ke destinasi setempat pada 2018 dapat terlampaui.

"Kami sangat optimistis target kunjungan wisatawan manca (wisman) ke Sleman sebanyak 400.000 dapat terlampaui, karena hingga semester pertama 2018 ini jumlah kunjungan wisman sudah mencapai 300.000," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih," Sabtu.

Menurut dia, target tersebut merupakan salah satu upaya Kabupaten Sleman untuk mendukung program Kementrian Pariwisata yang menargetkan kunjungan wisatawan manca negara sebanyak 20 juta pada 2018.

"Dalam target Kemenpar tersebut untuk destinasi Jogja, Solo, Semarang (Joglosemar) diharapkan dapat menyumbang kunjungan wisatawan sebesar 10 persennya, dan untuk Kabupaten Sleman sebanyak 400.000," katanya.

Ia mengatakan optimistis target kunjungan wisatawan ke Sleman pada 2018 sebanyak tujuh juta juga dapat terpenuhi pula.

"Pada 2017 target kunjungan wisatawan ke Sleman sebanyak enam juta dapat terlampaui dan menembus angka di atas tujuh juta. Tahun ini target tujuh juta kunjungan wisatawan ke Sleman kami yakin dapat terlampaui juga," katanya.

Sudarningsih mengatakan, destiasi-destinasi yang diandalkan di Kabupaten Sleman masih wisata alam di lereng Gunung Merapi, wisata candi, wisata belanja dan kuliner, desa wisata dan museum maupun wisata buatan.

"Wisata alam lereng Merapi seperti Kaliurang, `Volcano Tour Merapi dan Museum Gunungapi Merapi masih menjadi favorit wisatawan saat ini," katanya.

Selain itu, kata dia, objek wisata baru seperti Taman Tebing Breksi di Prambanan, Kawasan Candi Banyunibo dan `Lava Bantal` di Berbah juga banyak menarik kunjungan wisatawan.

"Sedangkan untuk wisata buatan ada Jogja Bay, Sindu Kusuma Edupark, Merapi Park, serta wisata belanja dan kuliner di desa wisata maupun mal-mal yang ada di Sleman," katanya.


 (V001) 07-07-2018 08:27:17


 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar