Puluhan ribu UMKM di Sleman berkembang

id Umkm sleman

Pelaku UMKM menjajakan produk dari bahan organik. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmokoko/18.



Sleman (Antaranews Jogja) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabuaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat puluhan ribu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) saat ini telah tumbuh dan berkembang di wilayah setempat.

   

"Saat ini di Sleman telah tumbuh dan berkembang sekitar 27. 381 UMKM dengan jumlah usaha mikro 23.275 dan usaha kecil 3.681," kata Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti, Senin.

     

Menurut dia, untuk lebih mengembangkan dan memperkuat UNKM, strategi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sleman adalah meningkatkan peran serta masyarakat melalui pemberdayaan kelompok masyarakat.

     

"Selain itu juga dengan meningkatkan pendapatan dan kesempatan kerja melalui pemberdayaan pelaku usaha mikro dan meningkatkan daya dukung kegiatan ekonomi melalui peningkatan akses pada lembaga ekonomi dan keuangan," katanya.

     

Ia mengatakan, untuk meningkatkan daya saing UMKM selain kualitas produk juga diperlukan promosi yang terus menerus.

     

"Pemerintah Kabupaten Sleman juga terus memberikan fasilitasi promosi dan pemasaran terutama bagi UMKM yang belum berdaya tidak hanya dipasar dalam negeri dan luar negeri," katanya.

   

 Endah mengatakan pemerintah Kabupaten mendorong para pelaku UMKM di Sleman untuk mencoba bertransaksi dengan menggunakan internet secara online.

     

"Indonesia merupakan pasar yang sangat besar bagi para pelaku UMKM tersebut," katanya.

     

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sleman juga membuka diri dan mempersilahkan bagi daerah lain yang ingin melakukan kunjungan kerja untuk studi terkait UMKM di Kabupaten Sleman.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar