DJP DIY bina UMKM tingkatkan kepatuhan pajak

id Umkm,Pajak

Hasil produksi UMKM Yogyakarta (Foto Antara)

Yogyakarta, 11/7 (Antara) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Daerah Istimewa Yogyakarta mulai menggencarkan pembinaan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di daerah ini untuk meningkatkan kapasitas serta kepatuhan mereka membayar pajak.
         
"Saat ini DJP memilik tugas untuk melakukan pembinaan terhadap UMKM yang ada di seluruh DIY," kata Kepala Bidang Pendaftaran Ekstensifikasi dan Penilaian Kantor Wilayah DJP DIY, Agung Prabowo saat Seminar Bisnis Zaman Now di Yogyakarta, Rabu.
         
Menurut dia, saat ini DJP memiliki program Bisnis Development System (BDS) untuk mendorong UMKM terus berkembang maju. Berbagai pelatihan dilaksanakan DJP agar UMKM mampu tumbuh dan segera bisa naik kelas.
     
Pelatihan yang diberikan, menurut dia, juga sesuai dengan kebutuhan UMKM untuk berkembang. Pelatihan tersebut di antaranya seperti pembukuan sederhana untuk UMKM. 
     
"Pelatihan pembukuan ini sangat penting karena banyak UMKM yang akhirnya gulung tikar karena manajemen keuangan yang campur aduk antara keuangan pribadi dengan keuangan usaha," kata dia.
       
Menurut dia, berbagai program telah disajikan oleh DJP untuk meningkatkan kualitas dan kinerja UMKM mengingat sektor ini menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia selama ini.
       
"Program pelatihan lain seperti juga packing produk, fotografi produk dan marketing online," kata dia.
       
Ia mengatakan saat krisis ekonomi melanda Indonesia pada 1988, banyak usaha yang hancur namun UMKM menjadi satu-satunya sektor yang bertahan dan justru menjadi penyokong perekonomian negara ini.
     
Oleh karena itu, DJP berupaya untuk meningkatkan kapasitas UMKM dengan menyokong dari berbagai sisi mulai dari ilmu hingga berbagai kemudahan.
     
Presiden Joko Widodo belum lama ini telah menurunkan pajak untuk UMKM yang sebelumnya 1 persen menjadi 0,5 persen untuk mendorong agar UMKM bisa tumbuh lebih cepat lagi.
   
"Akselerasi percepatan dengan stimulan penurunan pajak ini juga diharapkan mampu meningkatkan kepatuhan pajak dari kalangan UMKM," kata dia.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar