Bupati Sleman luncurkan simpul jaringan daerah

id bupati sleman

Bupati Sleman luncurkan simpul jaringan daerah

Bupati Sleman Sri Purnomo (ANTARA FOTO)


Sleman (Antaranews Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakara, Sri Purnomo meluncurkan Simpul Jaringan Daerah dan Aplikasi Geoportal Kabupaten Sleman, Jumat.
     
"Aplikasi ini diharapkan dapat semakin memudahkan dan mendekatkan masyarakat dalam mengakses pelayanan publik di Sleman," kata Sri Purnomo.
     
Munurut dia, dengan adanya aplikasi tersebut akan membantu masyarakat dalam memperoleh data dan informasi aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak dan posisi suatu objek yang dinyatakan dalam koordinat tertentu.
     
"Semoga dapat mendorong akselerasi pembangunan wilayah secara lebih berkelanjutan," katanya.
     
Ia mengatakan, upaya ini juga dapat memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan, khususnya pada bidang penelitian dan pengembangan wilayah.
   
 "Kemudahan akses data dan informasi geospasial akan menciptakan efisiensi serta efektifitas baik waktu ataupun finansial pada proses penelitaian," katanya.
     
Sri Purnomo juga berpesan kepada pengelola Simpul Jaringan Daerah Kabupaten Sleman agar selalu cermat dan profesional dalam mengelola data spasial.
     
"Namun saya juga mengapresiasi Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman yang secara responsif berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.
     
Simpul Jaringan adalah institusi yang bertanggung jawab dalam menyelengarakan pengumpulan, pemeliharaan, pemutakhiran, pertukaran dan penyebarluasan Data Geospasial dan Informasi Geospasial tertentu.
     
Dengan adanya simpul jaringan, maka tanggung jawab terhadap data/informasi geospasial tertentu menjadi jelas.
     
Sedangkan Geoportal adalah jenis portal web yang digunakan untuk menemukan dan mengakses data/informasi geospasial dan layanan geospasial terkait melalui internet.
     
Geoportal penting untuk efektifitas penggunaan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan elemen kunci dari Spatial Data Infrastructure (SDI).
Setelah launcing, acara kemudian dilanjutkan dengan sosialisai terkait aplikasi baru tersebut.
     
Bertindak sebagai narasumber pada sosialisali tersebut, Dosen Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada (UGM), Ibnu Rosyadi, S.Si, M.Cs
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024