Marques menangi Grand Prix Jerman untuk kesembilan kali

id marc

Marques menangi Grand Prix Jerman untuk kesembilan kali

Marc Marquez (Foto antaranews.com)

Berlin (Antaranews Jogja/Reuters) - Juara bertahan MotoGP yang membela Honda, Marc Marquez, memenangi Grand Prix Jerman untuk tahun kesembilan secara beruntun pada Minggu, untuk memperbesar keunggulannya atas pebalap Italia Valentino Rossi menjadi 46 poin.

Rossi finis di urutan kedua, tertinggal 2,196 detik, sedangkan rekan setimnya di Yamaha yang berasal dari Spanyol, Maverick Vinales, menduduki urutan ketiga di Sirkuit Sachsenring.

Marquez memimpin dari posisi start terdepan, yang juga "pole position" kesembilannya secara beruntun, namun sempat tertinggal dari kompatriotnya Jorge Lorenzo sebelum kemudian mengambil kembali kendali balapan dari pebalap Ducati itu dengan 18 lap tersisa dan kemudian menjauh.

Rentetan kemenangan Marquez di sirkuit yang berada di timur Jerman ini dimulai pada 2010 ketika ia masih membalap di kelas 125cc (sekarang Moto3). Ia kemudian menang di kelas Moto2 pada 2011 dan 2012, dan mencatatkan enam kemenangan di MotoGP.

Pebalap Spanyol itu mencatatkan 165 poin setelah menjalani sembilan balapan, sedangkan Rossi baru mengumpulkan 119 poin.