KPU Yogyakarta antisipasi penumpukan pendaftaran caleg

id Kpu

KPU Kota Yogyakarta (Foto jogja.antaranews.com)

Yogyakarta  (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta melakukan langkah antisipasi penumpukan pengajuan daftar calon anggota legislatif pada hari terakhir, Selasa (17/7) dengan memperbanyak petugas untuk mengecek kelengkapan dokumen. 
   
“Kami siapkan empat loket yang diharapkan cukup untuk memberikan layanan saat pengajuan daftar calon legislatif. Namun, kami akan memperbanyak petugas untuk mengecek dan mencermati kelengkapan dokumen persyaratan,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto di Yogyakarta, Senin.
   
Menurut dia, pengecekan kelengkapan dokumen dari tiap bakal calon anggota legislatif membutuhkan waktu cukup lama sekita satu hingga dua jam tiap parpol. Setiap parpol dapat menyerahkan 40 nama bakal calon anggota legislatif sesuai jumlah maksimal yang bisa diajukan di Kota Yogyakarta.
   
Jika diperlukan, lanjut Wawan, KPU Kota Yogyakarta akan meminta bantuan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk membantu proses penerimaan pengajuan daftar calon anggota legislatif.
   
Sejumlah dokumen persyaratan yang perlu dicek di antaranya, daftar calon legislatif dari partai politik, dilengkapi lampiran kartu tanda penduduk (KTP), ijazah, dan surat keterangan kesehatan dari rumah sakit.
   
“Dokumen yang paling penting adalah syarat pengajuan bakal calon anggota legislatif dari partai politik,” katanya. 
   
Hingga Senin (16/7), KPU Kota Yogyakarta baru memperoleh konfirmasi dari dua partai politik yang akan melakukan pengajuan daftar calon anggota legislatif yaitu dari Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
   
“Kemungkinan memang akan menumpuk pada hari terakhir. Pengajuan pendaftaran akan kami buka hingga pukul 24.00 WIB,” katanya yang menyebut di Yogyakarta ada 16 parpol.
   
Sementara itu, Sekretaris DPD Nasdem Kota Yogyakarta Oleg Yohan mengatakan, partai politik tersebut akan mengajukan 40 nama bakal calon anggota legislatif. 
   
“Keterwakilan perempuan juga sudah memenuhi syarat, 30 persen. Semua dokumen yang dibutuhkan juga sudah dipenuhi,” katanya.
   
Pada Pemilu 2019, Nasdem menargetkan mampu meraih enam kursi di DPRD Kota Yogyakarta dari lima daerah pemilihan, yaitu dua kursi dari daerah pemilihan 1 dan masing-masing satu kursi dari daerah pemilihan dua hingga lima. 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar