Kemenkop memfasilitasi akses bahan baku bagi UKM

id ukm

Kemenkop memfasilitasi akses bahan baku bagi UKM

Ilustrasi pelaku UKM (Foto Antara)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Kementerian Koperasi dan UKM memfasilitasi para UKM yang bergerak di industri pengolahan makanan untuk mendapatkan kemudahan akses bahan baku bagi produk mereka.

Asisten Deputi Restrukturisasi Usaha Bidang Peningkatan Kerja sama Investasi Kementerian Koperasi dan UKM Sri Istiati dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, mengatakan, upaya fasilitasi itu dilakukan agar UKM pangan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas produk yang dihasilkan.

"Fasilitasi tersebut dilakukan dengan mempertemukan UKM dengan produsen bahan baku makanan berbasis terigu," katanya.

Ia mengatakan para pelaku UMKM diharapkan agar bisa memanfaatkan kerja sama usaha dengan produsen untuk mengatasi kendala bahan baku terigu.  
   
"Para pelaku UMKM di Kabupaten Magelang mengalami kendala mendapatkan bahan baku olahan makanan berupa terigu karena harganya saat ini melambung tinggi," kata Sri Istiati.

Sementara itu, Manager Marketing PT Sriboga Flour Mills, Irfan Wahyudi, sebagai salah satu produsen terigu, mengatakan pihaknya akan membantu UKM tidak hanya dari sisi harga bahan baku saja tetapi ikut membantu mengatasi persoalan pemasaran dan pembiayaan yang kerap dialami oleh UKM.

Oleh karena itu, Sriboga menawarkan konsep kerja sama usaha melalui dukungan pelatihan bagi UMKM dan penyediaan fasilitas bahan baku maupun gerobak usaha.

Khusus pelatihan bagi UMKM, Sriboga mengharapkan peran Dinas Koperasi dan UKM di setiap daerah dapat dimaksimalkan melalui sinergi kerja sama antara pemerintah, lembaga profesional, dan para pelaku UMKM.

"Antusiasme peserta Temu Bisnis sangat tinggi dan akan segera ditindaklanjuti dengan pelatihan-pelatihan dan dukungan kerja sama bahan baku terigu dari PT Sriboga untuk para peserta," kata Irfan.

Ke depan, kerja sama serupa diharapkan dapat dikembangkan dan direplikasikan di tempat lain.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024