WNI selamat dari kapal tenggelam di Samudera Atlantik

id kapal tenggelam

WNI selamat dari kapal tenggelam di Samudera Atlantik

Ilustrasi kapal tenggelam (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Delapan orang anak buah kapal asal Indonesia selamat dari kapal ikan Dorneda yang tenggelam di Samudera Atlantik, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis dari KBRI Buenos Aires yang diterima di Jakarta, Senin.

Kedutaann Besar Republik Indonesia (KBRI) Buenos Aires menerima informasi dari Kementerian Luar Negeri dan Agama Argentina bahwa Kapal Ikan Dorneda berbendera Spanyol tenggelam di Samudera Atlantik pada 12 Juli 2018.

Di antara 27 kru kapal, 25 orang berhasil diselamatkan dari kapal tenggelam tersebut, termasuk delapan orang anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI).

Setelah berkoordinasi dengan pihak Kementerian Luar Negeri dan Agama Argentina, didapatkan informasi bahwa pihak Angkatan Laut Argentina, Pusat Koordinasi Penyelamatan Maritim (MRSC) yang berbasis di Pangkalan Laut Belgrano, Argentina pada 10 Juli 2018 pukul 10.00 malam waktu setempat mendapati radio suar darurat (EPIRB) yang diaktifkan oleh kapal ikan Dorneda.

"Kapal tersebut berada sekitar 308 mil laut dari kota pelabuhan Comodoro Rivadavia. Dua kapal terdekat, Beagle I dan Farruco kemudian diperintahkan untuk mendatangi lokasi kapal Dorneda," demikian penjelasan pihak Kemenlu Argentina kepada KBRI Buenos Aires.

Kapal Beagle I yang membawa sembilan kru kapal yang selamat, termasuk satu ABK WNI akan menuju Pelabuhan Mar del Plata, Argentina pada Minggu, 15 Juli 2018 sore hari.

Sementara itu, tujuh ABK WNI lainnya yang selamat akan dibawa oleh kapal Farruco berbendera Spanyol menuju ke Pelabuhan Montevideo, Uruguay beserta 16 kru kapal yang diselamatkan.

Kapal itu juga diperkirakan tiba pada Minggu, 15 Juli 2018 jam 10 pagi waktu setempat.

KRBI Buenos Aires masih berkoordinasi dengan semua pihak termasuk otoritas di Argentina dan Uruguay untuk membantu pemulangan seluruh ABK WNI kembali ke Indonesia.

"Keselamatan WNI di luar negeri adalah prioritas dan salah satu tugas utama KBRI Buenos Aires," ujar Duta Besar RI untuk Argentina Niniek Kun Naryatie.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam misi penyelamatan awak kapal tersebut," lanjut Dubes RI. 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024