Gamelan iringi kedatangan pesawat pembawa api Asian Games (video)

id Asian games,api asian games

Gamelan iringi kedatangan pesawat pembawa api Asian Games (video)

Tourc Ambassador Asian Games 2018 Susi Susanti yang membawa Api Asian Games tiba di Baseops Lanud Adisutjipto, Selasa (17/7) pagi. (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Tabuhan gamelan mengiringi kedatangan pesawat Boeing TNI AU A-7307 yang membawa api Asian Games 2018 dari New Delhi, India, di Baseops Lapangan Udara Adisutjipto, Yogyakarta, Selasa.

Pesawat tiba tepat pukul 08.00 WIB dengan dikawal lima pesawat TNI Golden Eagle. Susi Susanti sebagai tourc ambassador keluar dari pesawat dengan membawa api Asian Games 2018 didampingi dua pasukan TNI AU.

Dinas Kebudayaan DIY mempersembahkan Tarian Sekar Pudyastuti selama beberapa menit sebelum Susi menyerahkan api Asian Games kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna didampingi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Ketua Umum Inasgoc Eric Thohir.

Api obor Asian Games lalu diarak menuju Museum Dirgantara TNI AU dengan diiringi drum band dari pasukan bergodo dan TNI AU. Sepanjang jalan menuju Museum Dirgantara pasukan TNI AU bersama siswa-siswi SMP dan SMA berjajar dengan membawa bendera menyambut iring-iringan api Asian Games.

Torch Organaiser Relay Asian Games 2018, Virza Reskyana Indra mengatakan setelah diinapkan di Museum Dirgantara, pada Rabu (18/7) api obor Asian Games akan diarak ke Candi Ratu Boko. Pada malam harinya obor dibawa ke Candi Prambanan untuk dipertemukan dengan api abadi Mrapen oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kemudian pada Kamis (19/7), lanjut dia, Obor Asian Games dibawa ke tugu jogja untuk diarak sepanjang 10 kilometer melintasi Jalan Mangkubumi, Malioboro, Titik Nol Kilometer hingga Alun-Alun Yogyakarta. Setelah sampai kembali di Tugu Yogyakarta, Obor Asian Games akan dilepas oleh Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti kepada Panitia Inasgoc untuk dibawa ke Solo, Jawa Tengah.
(T.L007/B/H. Soebanto/C/H. Soebanto)