KPU Kulon Progo terima pendaftaran caleg enam parpol

id KPU Kulon Progo,Pendaftaran bacaleg

KPU Kulon Progo terima pendaftaran caleg enam parpol

DPD PKS Kulon Progo menyerahkan perbaikan beras bakal calon anggota legislatif pertama kali ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. (Foto ANTARA/Mamiek)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga 14.00 WIB, baru menerima berkas pendaftaran sebanyak enam dari 16 partai politik dan persyaratan bakap calon anggota peserta Pemilu 2019.
     
Ketua Divisi Teknis KPU Kulon Progo Panggih Widodo di Kulon Progo, Selasa, mengatakan enam partai, yakni Hanura, PAN, PKS, NasDem, Perindo dan PDI Perjuangan.
     
"Pemdaftaran bakal calon anggota legislatif berjalan lancar. Namun, hingga 14.00 WIB baru enam partai yang mendaftar ke KPU. Kami akan menggu hingga 24.00 WIB pada hari terakhir pendaftaran," kata Panggih.
     
Ia mengatakan dari enam partai politik yang mendaftar, yang persyaratan pendaftaran lengkap, tapi syarat pendaftaran bacaleg harus dilengkapi.
     
Ia menyayangkan masih banyak parpol yang persyaratah pendaftaran dan syarat bacaleg masih kurang lengkap, seperti foto bacaleg. Pendaftaran sendiri sudah sejak 14 hari yang lalu, namun tidak dimanfaatkan dengan baik oleh parpol dalam menyiapkan berkas pendaftaran dan berkas persyaratan bacaleg.
     
"Kalau syarat pendaftaran peserta Pemilu 2019 harus dilengkapi hari ini juga, seperti legalisi AD/ART partai dan struktur pengurus partai dari partai pusat. Kemudian, syarat bacaleg yang masih kurang, diberikan waktu melengkapi dari 22-31 Juli," katanya.
     
Panggih mengatakan pada hari terakhir pendaftaran ini, KPU Kulon Progo membuka empat tim yang akan menerima pendaftaran bacaleg yang diusung parpol. KPU juga menambah jumlah personel per tim, dari tingga orang menjadi lima orang.
     
"Empat tim ini diharakan bisa melayani pendaftaran secara cepat, tepat, cermat dan teliti," harapnya.
     
Sementara itu, DPC PDI Perjuangan mengerahkan seluruh bacaleg mendatangi kantor KPU Kulon Progo untuk mendaftar. Hal tersebut sebagai bentuk gotong royong dan kebersamaan, karena tekad PDI Perjuangan membangun bangsa dan negera, Kulon Progo secara bersama-sama.
     
Ketua DPC PDI Perjuangan Sudarto mengatakan sesuai intruksi DPP PDI Perjuangan, pendaftaran ke KPU dilakukan secara  serentak pada Selasa (17/7).
     
"Kami melaksanakan intrsuksi DPP PDI Perjuangan, dan kami memilih hari dan jam baik untuk mendaftar ke KPU Kulon Progo," katanya.
     
Ia mengatakan jumlah bacaleg yang diusung sebanyak 40 orang yang ditempatkan di lima daerah pemilihan (dapil). Kuota perempuan dalam komposisi pencalegkan lebih dari 35 persen.
   
"Kami mentargetkan kursi 34 persen atau dua caleg setiap dapil," katanya.