Pekerjaan drainase Babaran Yogyakarta berjalan lebih cepat

id perbaikan drainase,drainase babaran

Pekerjaan drainase Babaran Yogyakarta berjalan lebih cepat

Ilustrasi, perbaikan drainase, dok (Foto Antara)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Tahapan pekerjaan fisik revitalisasi drainase di Jalan Babaran Yogyakarta berjalan lebih cepat dari perencanaan bahkan sudah mencapai lebih dari 40 persen dari total pekerjaan.

Pada pekan lalu, pekerjaan sudah mencapai sekitar 42 persen. Sedangkan sisa waktu yang dimiliki untuk menyelesaikan pekerjaan masih cukup banyak,¿ kata Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Aki Lukman di Yogyakarta, Rabu.

Ia menyebut, dari sekitar 720 meter panjang drainase yang direvitalisasi, hingga saat ini sudah dapat diselesaikan sekitar 200 meter.

Total waktu pekerjaan yang sudah digunakan mencapai 91 hari kerja dari total 290 hari kerja yang disediakan sehingga pihak ketiga yang mengerjakan revitalisasi masih memiliki waktu 199 hari untuk menyelesaikan pekerjaan hingga tuntas.

Proses pekerjaan revitalisasi drainase di Jalan Babaran dilakukan dengan menutup jalan karena drainase berada tepat di tengah badan jalan.

Pekerjaan pun harus dilakukan menggunakan alat berat untuk menggali drainase dan memasang box culvert sebagai dinding drainase.

Penutupan dilakukan tiga tahap yaitu tahap pertama dari simpang Jalan Veteran ke arah barat hingga Jalan Dr Supomo, dilanjutkan penutupan dari Jalan Dr Supomo hingga Jalan Glagahsari dan tahap terakhir dari simpang Jalan Glagahsari sepanjang 100 meter ke barat.

Saat ini, pekerjaan sudah mulai masuk ke penggal jalan kedua. Namun, penggal jalan pertama memang belum dibuka karena masih harus melakukan proses pemadatan karena ada infrastruktur lain yang ada di jalan tersebut yaitu saluran limbah dan kabel telekomunikasi, katanya.

Berdasarkan hasil pekerjaan fisik revitalsisasi yang dilakukan sejak awal Juli tersebut, Aki optimistis, pekerjaan dapat diselsaikan tepat waktu bahkan lebih cepat.

Kami harapkan tidak ada kendala dalam pekerjaan sehingga ruas Jalan Babaran bisa dibuka paling cepat tiga bulan terhitung sejak awal Juli,¿ katanya.

Dana yang dialokasikan untuk revitalisasi drainase Jalan Babaran mencapai Rp13,9 miliar dari APBD Kota Yogyakarta. Pekerjaan diharapkan dapat selesai secara tuntas pada November.

Pekerjaan perbaikan drainase ini belum meliputi seluruh drainase di Jalan Babaran, masih harus dilanjutkan dengan tahap berikutnya. Kami menyesuaikan kemampuan anggaran daerah, katanya.
(T.E013/B/A. Lazuardi/C/A. Lazuardi)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024