Legislator minta Pemda DIY tingkatkan kesejahteraan GTT/PTT

id GTT/PTT,DIY

Legislator minta Pemda DIY tingkatkan kesejahteraan GTT/PTT

Komisi A DPRD DIY diskusi dengan GTT/PTT DIY

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Anggota DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta Eko Suwanto meminta pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan guru, baik yang berstatus aparatur sipil negara maupun guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap.

Eko Suwanto di Yogyakarta, Rabu mengatakan saat ini, Pemda DIY melaksanakan program peningkatan kualitas guru.

"Hal ini harus didukung. Namun, seiring dengan meningkatnya kualitas guru, baik guru ASN maupun GTT/PTT harus juga diperhatikan masalah kesejahteraan para tenaga pendidik," kata Eko Suwanto.

Menurut dia, guru memiliki tanggung jawab mencerdaskan kehidupan bangsa. Ajarkan budi pekerti guna mencerdaskan siswa, tapi lebih dari itu, guru di sekolah di semua tingkatan juga berperan mentransfer nilai-nilai serta mengajarkan budi pekerti.

"Guru ASN dan GTT/PTT memiliki tanggung?jawab yang besar, maka Pemda DIY harus meningkatkan kesejahteraan guru, termasuk GTT/PTT," ujarnya.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan Dapil Kota Yogyakarta ini mengatakan dirinya memahami problematika yang sering dikeluhkan oleh guru, sebab ibunya sendiri adalah juga guru yang sering memberikan masukan mengenai kebutuhan kebijakan yang tepat untuk peningkatan kualitas guru di seluruh tingkatan.

Langkah peningkatan kesejahteraan memang membutuhkan dukungan kebijakan pemda DIY, ?apalagi terkait peningkatan kualitas guru amat berpengaruh pada peningkatan kemampuan belajar peserta didik.

Eko Suwanto menyatakan dalam dialog bersama GTT/PTT bersama dengan 150-an guru dan GTT/PTT perwakilan dari Kota Yogyakarta, ada sejumlah poin rekomendasi, di antaranya pentingnya komitmen meningkatkan kualitas pendidikan yang sudah baik menjadi lebih hebat dengan salah satunya meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru.

"Peningkatan kualitas guru lewat kesempatan beasiswa bagi guru dari D3 menjadi S1, S1 ke S2, dan S2 ke S3. Kita dorong Pemda DIY serius memprogramkan peningkatan kualitas guru. Selain pelatihan-pelatihan, langkah meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru adalah kebutuhan mendasar," katanya.

Ia mengatakan dengan peningkatan kesejahteraan guru, baik ASN guru maupun GTT PTT melalui APBD perlu untuk tetap mengedepankan azas kemakmuran, kesejahteraan dan kemampuan keuangan daerah.

"Kita dukung Pemda DIY meningkatkan insentif GTT PTT di atas UMK secara bertahap. Kenaikan bisa dimulai tahun anggaran 2019. Kami harap para guru dan GTT/PTT mengawal pembahasan APBD DIY agar tujuan peningkatan kesejahteraan dapat dicapai. Prinsipnya kami berikan dukungan Pemda DIY meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru, baik ASN maupun GTT PTT sesuai kemampuan keuangan daerah. Insya Allah dalam waktu dekat kami akan selenggarakan FGD tentang upaya peningkatan kesejahteraan guru dan GTT/PTT," katanya.



(T.KR-STR)