Wapres : Asian Games 2018 menunjukkan kehormatan Indonesia (video)

id jusuf kalla,api asian games

Wapres : Asian Games 2018 menunjukkan kehormatan Indonesia (video)

Mantan atlet Bulutangkis Susi Susanti dan mantan atlet tenis Yustedjo Tarik menyatukan api abadi Asian Games 2018 dari India dan dari Mrapen di pelataran Candi Brahma di Komplek Candi Prambanan Rabu 18 Juli 2018. (Foto Antara/Victorianus Sat Pranyoto)


Sleman (Antaranews Jogja) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia yang akan dimulai pada 18 Agustus 2018 menunjukkan kehormatan dan kemampuan bangsa Indonesia. 
     
"Setelah 50 tahun, kini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games. Ini merupakan suatu kehormatan untuk bangsa Indonesia," kata Jusuf Kalla pada "Torch Relay Concert" di pelataran Candi Brahma Komplek Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Rabu malam.
     
Menurut dia, penyelenggaran Asian Games 2018 menunjukkan kemampuan kita mengorganisasi kegiatan olahraga berskala internasioal.  "Ini menunjukkan bahwa bangsa kita juga mampu melakukan pembangunan infrastruktur, khususnya infrastruktur olahraga," katanya.
     
Ia mengatakan kemampuan ini diharapkan juga ditambah dengan prestasi dari atlet Indonesia yang berlaga pada Asian Games 2018.  "Tiga hal tersebut sangat penting, kemampuan mengoranisasi, pembangunan infrastruktur, dan Insya Allah berprestasi," katanya.
     
Wapres mengatakan pada malam ini dilakukan penyatuan api dari India yang merupakan negara pertama kali Asian Games dan api abadi dari Mrapen, Jawa Tengah.
     
"Ini akan memberi kita semangat, arti dari api memberi semangat, hanya dengan jiwa membara kita akan sukses dalam pelaksanaan tersebut," katanya.
     
Upacara penyatuan api abadi tersebut dilakukan oleh dua mantan atlet berprestasi Indonesia yakni Susi Susanti yang membawa api dari India dan api abadi dari Mrapen yang dibawa Yustedjo Tarik dan disatukan dalam satu obor.
     
Selanjutnya api yang telah menyatu tersebut diberikan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menko PMK Puan Maharani dan diserahkan kepada Finarsih mantan atlet bulu tangkis Indonesia asal Yogyakarta.    "Dengan ini kirab obor Asian Games 2018 dimulai," kata Jusuf Kalla.
Api Asian Games 2018 mulai Kamis 19 Juli akan dikirab ke-18 provinsi dan 53 kota di Indonesia dan akan berakhir di Monumen Nasional (Monas) Jakarta).
Baca juga: Ribuan siswa akan meriahkan pawai obor Asian Games
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024