Umat Hindu gelar "Dharma Yoga Festival"

id Yoga

Ilustrasi. Yoga Festival 2017" di pelataran Candi Prambanan. ((FOTO ISTIMEWA)



Sleman (Antaranews Jogja) - Umat Hindu di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah akan menyelenggarakan "Dharma Yoga Festival 2018" di pelataran selatan Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Minggu (29/7).

     

"Kegiatan Dharma Yoga Festival 2018 merupakan penyelenggaraan untuk yang ketiga kalinya dengan tema 'Yoga Mewujudkan Revolusi Kesadaran dan Revolusi Mental'," kata Humas Penyelenggara Dharma Yoga Festival Ayu Kinasih Anggraini di Sleman, Jumat.

   

 Menurut dia, acara Dharma Yoga Destival akan dimulai pada pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 09.00 WIB dengan target peserta sebanyak 1.000 orang.

     

"Event Dharma Yoga Festival 2018 ini diselenggarakan bagi umat Hindu dan terbuka untuk masyarakat umum yang mencitai Yoga yang dalam pelaksanaanya bagi peserta tidak dipungut biaya alias gratis," katanya.

     

Ia mengatakan, kegiatan Dharma Yoga Festival 2018 diselenggarakan oleh umat Hindu DIY dan Jateng. 

     

"Kegiatan Dharma Yoga Festival Tahun 2018 juga  dimeriahkan oleh Acarya Yoginam, Praktisi Yoga Ketawa," katanya.

   

Ayu Kinasih mengatakan bahwa Yoga adalah salah satu bentuk seni olah tubuh yang pada era modern ini mulai banyak digemari oleh semua kalangan.

     

"Hal ini dikarenakan masyarakat telah memahami bahwa Yoga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Bahkan Yoga juga memiliki manfaat bagi terbentuknya mental positif bagi para pelaku Yoga," katanya.

     

Ia mengatakan, bagi kalangan umat Hindu Yoga tidak hanya sekadar seni olah tubuh yang berguna untuk memperoleh kesehatan dan kebugaran tubuh serta mental yang baik. Bagi umat Hindu Yoga adalah salah satu bentuk praktik spiritual demi mencapai tujuan rohani yaitu mencapai kesadaran akan sang jiwa dan proses mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa.

     

"Dalam ajaran agama Hindu  terdapat ajaran Catur Marga yang merupakan empat jalan menuju Tuhan yang bisa ditempuh oleh umat Hindu. Salah satu jalan (Marga) adalah Raja Marga Yoga, yang ditempuh oleh umat Hindu, yang mengkhususkan dirinya dalam menekuni jalan Yoga sebagai jalan untuk mencapai penyatuan dengan Tuhan Sang Pencipta," katanya.

     

Pada konteks ini, kata dia, maka terdapat ajaran Astanga Yoga Patanjali yang menjelaskan tentang tahapan-tahapan pelaksanaan praktik Marga Yoga menurut ajaran agama Hindu.

     

"Perkembangannya hanya beberapa bagian dari ajaran Astanga Yoga Patanjali yang diambil oleh masyarakat umum pada saat ini. Walaupun hanya sebagian saja ajaran yang diadopsi, namun terbukti Yoga tetap memberikan manfaat yang optimal.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar