Ribuan data DPS bermasalah ditemukan di Gunung Kidul

id KPU Gunung Kidul,DPS

Ketua KPU Kabupaten Gunung Kidul, DIY, Moh Zaenuri Ikhsan. (Foto Mamiek/Antara)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menemukan ribuan data bermasalah dalam Daftar Pemilih Sementara  Pemilu 2019.
     
Ketua Panwaslu Gunung Kidul Antok di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan hasil pencermatan Bawaslu, ditemukan sejumlah data yang bermasalah.
     
"Temuan dari panwaslu tingkat desa dan bawaalu tingkat kecamatan serta adanya laporan dari masyarakat," katanya.
   
Ribuan data bermasalah terdiri dari temuan, nama ganda sebanyak 1.375 orang, Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda 593 orang, pemilih yang sudah meninggal dunia 622 orang, pemilih yang sudah memenuhi syarat tapi belum terdaftar sebanyak 264 orang dan pemilih yang tidak jelas identitasnya sebanyak 113 orang.
     
Selain itu, Bawaslu Gunung Kidul juga mencermati adanya calon pemilih tanpa NIK sebanyak 20 orang, TNI/Polri yang masih aktif namun terdaftar sebanyak dua orang, pemilih di bawah umur 17 orang, pemilih pindah domisili 139 orang dan kesalahan penulisan nama/ alamat dan tempat tanggal lahir sebanyak 73 orang.
     
"Kami sudah melakukan pengaduan ke KPU bahwa ada DPS bermasalah sebanyak 3.217," katanya.
     
Antok mengatakan KPU telah merespon laporan Bawaslu dengan menerjunkan PPK dan PPS untuk memvalidasi DPS kembali. Di satu Kecamatan yaitu Rongkop, PPK maupun PPS tidak mau mencoret data yang meninggal dengan alasan tidak ada akta kematian.
     
Ketua KPU Gunung Kidul M Zaenuri Ikhsan mengaku sudah menerima rekomendasi dari Bawaslu terkait DPS bermasalah. KPu mengklaim temuan tersebut telah ditindak lanjuti oleh panitia pemungutan suara dan panitia pemilih kecamatan.
       
"Validasi daftar pemilih dijadwalkan akan selesai sebelum penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran (DPSHP) pada 22 Juli mendatang," katanya.
     
Seperti diiketahui, total jumlah DPS Pemilu 2019 di Gunung Kidul yakni 607.112 pemilih adapun rincianya jumlah pemilih laki-laki sebanyak 295.998 dan pemilih perempuan 311.114 pemilih.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar