Jamaah calon haji diminta jaga tradisi negara tujuan

id Calon haji

Jamaah calon haji diminta jaga tradisi negara tujuan

Sejumlah calon haji di D.I.Yogyakarta. FOTO ANTARA

Bantul (Antaranews Jogtja) - Wakil Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Hakim Muslih mengharapkan jamaah calon haji dari kabupaten ini menjaga tradisi negara tujuan saat berada di Tanah Suci Makkah untuk menjalankan ibadah haji. 
     
"Jagalah kebersamaan, kekeluargaan antarsesama jamaah dan jaga tradisi di negara tujuan, karena kalian merupakan tamu-tamu Allah SWT. Jagalah nama baik, karena hal itu juga membawa nama baik negara kita," katanya saat melepas jamaah calon haji dari Bantul di Bantul, Senin. 
     
Wabup mengatakan, keberangkatan haji ke Tanah Suci merupakan momentum yang sangat penting bagi kehidupan di dunia hingga di akherat nanti, sehingga setiap calon haji harus bisa memantapkan diri saat menjalankan ibadah rukun Islam ke-lima itu. 
       
"Maka dari itu mantapkan niat agar membawa keberkahan yang bisa mebawa kehidupan yang lebih baik dan berkualitas," katanya. 
     
Wabup juga berpesan bagi para petugas haji agar menunaikan tugas dengan sebaik-baiknya untuk membantu pelaksanaan para jamaah haji hingga selesai.
     
"Kami juga berharap, agar para jamaah haji saat di kota suci mendo'akan pemerintah dan masyarakat Bantul agar menjadi kabupaten yang makmur dan sejahtera," katanya. 
     
Kepala Bagian TU Kementerian Agama Bantul Ahmad Ghazali mengatakan jamaah calon haji yang dilepas ini tergabung dalam kloter 24 SOC berjumlah 352 orang dengan petugas haji delapan orang. Berangkat dari Bantul pukul 10.30 WIB menuju asrama haji Donohutan Jawa  Tengah.
     
"Jama'ah calon haji akan menginap di asrama haji satu malam, dijadwalkan terbang menuju Madinah Arab Saudi pada Selasa (24/7) pukul 13.45 WIB. Jadwal kepulangan ke tanah air pada 4 September 2018," katanya. 
       
Total jamaah calon haji Bantul yang berangkat pada 2018 sebanyak 910 orang, mereka dikoordinir beberapa Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), diantaranya KBIH Multazam, Muslimat NU, Bina Umat, Aisyiah, Arofah, Hajar Aswad dan Rindu Ka'bah serta terdapat non-KBIH 40 orang.
       
Jamaah calon haji Bantul terbagi tiga kloter yaitu kloter 22, 24 dan 27 SOC dengan petugas haji 32 orang terdiri 15 orang petugas pusat dan 17 orang petugas daerah. Koter 22 berangkat pada 22 Juli, kloter 24 pada 23 Juli dan kloter 27 pada 24 Juli 2018.