Bupati Sleman kukuhkan kader Pancasila Desa Margodadi

id Bupati sleman

Bupati Sleman kukuhkan kader Pancasila Desa Margodadi

Bupati Sleman Sri Purnomo (Foto Antara/Wahyu Putro)


Sleman (Antaranews Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengukuhkan 50 Kader Pancasila Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan, Selasa.
     
Kader Pancasila tersebut terdiri dari berbagai unsur, diantaranya tokoh masyarakat, pemerintah desa, Muspika Seyegan, Muspida Sleman serta OPD terkait.
     
Bupati Sleman berharap Kader Pancasila yang telah dikukuhkan tersebut mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat.
     
"Diharapkan pula para Kader Pancasila dapat menjadi rujukan utama masyarakat dalam menangkal pengaruh buruk isu SARA dan ideologi yang berpotensi menimbulkan perpecahan. Ini juga berlaku bagi Pemerintah Desa yang bertatap muka langsung dengan pelayanan publik di tingkat desa," katanya.
     
Menurut dia, sebagai desa berkarakter Pancasila, Desa Margodadi harus mampu menciptakan kesadaran pluralisme sampai lingkup yang terkecil, yakni keluarga.
     
"Dengan begitu masyarakat akan memiliki budaya pluralism sejak dini terkait rasa saling menghargai dan mengapresiasi keberagaman," katanya.
     
Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman Hery Dwi Kuryanto berharap kegiatan ini tidak sebatas acara formalitas saja.
   
 "Kader Pancasila harus mampu menerapkan dan menularkan nilai-nilai Pancasila di tengah Masyarakat. Meskipun sebenarnya masyarakat di Desa Margodadi ini secara praktis sudah menerapkan nilai-nilai Pancasila itu," katanya.
     
Hery mengatakan pemilihan Desa Margodadi sebagai desa berkarakter Pancasila karena desa tersebut telah memenuhi kriteria yang sesuai dengan nilai Pancasila.
     
"Masyarakat di Desa Margodadi menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan, kesatuan, gotong royong dan toleransi. Di Margodadi ini juga ada simbol-simbol keberagaman yang mampu berdampingan dengan damai. Di sini ada Masjid, Gereja dan Pura. Meskipun simbol itu bukan jaminan, tapi warga di sini karakternya memang sudah terbentuk sesuai dengan nilai Pancasila," katanya.
     
Kegiatan pengukuhan tersebut sebelumnya telah didahuli dengan Workshop dengan tema "Revitalisasi dan Reaktualisasi  Nilai-nilai Pancasila Berbasis Desa Pancasila".
     
Workshop dilaksanakan selama tiga hari, yakni 23 hingga 25 Juli 2018. Acara ini diikuti oleh Forkompimda Kabupaten Sleman, OPD terkait, Pemerintah Kecamatan Seyegan, Pemerintah Desa Margodadi dan para tokoh masyarakat Desa Margodadi.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024