Dua generasi harimau sumatera tertangkap kamera

id harimau sumatera

Dua generasi harimau sumatera tertangkap kamera

Harimau Sumatera (panthera tigris Sumatrae) (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antaranews Jogja) - WWF-Indonesia dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kebudayaan (KLHK) merilis seri video langka yang menunjukkan dua generasi harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) sukses berkembang biak di alam liar untuk merayakan "Global Tiger Day".

          Video ini adalah bukti yang mengagumkan dan membuktikan bahwa harimau "berkembang biak seperti kucing" jika saja mereka memiliki habitat yang terlindungi, memiliki cukup mangsa dan tidak diburu. Untuk mencapai tujuan TX2 menambah jumlah dua kali lipat, artinya kita butuh bantuan pemerintah, bisnis, masyarakat lokal dan setiap orang yang peduli harimau untuk mendukung usaha-usaha konservasi harimau, terang Ketua Tigers Alive Inisiatif Michael Baltzer dalam keterangan tertulisnya diterima di Jakarta, Minggu.

          Sebagai predator utama pada rantai makanan, harimau di alam berperan penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem yang mendukung kelangsungan hidup spesies lainnya dan juga untuk manusia.

          Namun, ia menyebutkan harimau berstatus kritis. Saat ini, hanya tersisa 3.900 individu harimau liar di dunia, hanya bisa ditemukan sekitar lima persen dari jangkauan mereka, jika dibandingkan dengan seabad lalu.

          Kami sangat menghargai upaya dari pemerintah Indonesia untuk menyelamatkan spesies yang luar biasa ini dan kami akan meningkatkan dukungan kami untuk memulihkan jumlah harimau di Sumatera, ujar dia.

          Direktur Sumatera dan Wildlife WWF-Indonesia Suhandri mengatakan adanya video ini membuktikan harimau sumatera yang sehat ini dapat berkembang biak dengan baik di Sumatera tengah.

          Ia menambahkan hal ini juga menunjukkan komitmen yang kuat dari Pemerintah Indonesia serta dukungan dari mitra komunitas dan pemerintah lokal maupun komunitas internasional untuk menyelamatkan harimau dan habitatnya, pemulihan populasi harimau adalah kunci untuk manusia agar dapat hidup dengan ketersediaan sumber daya alam.

          Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau KLHK Suharyono menyatakan ini kabar baik bahwa ada perkembangan baik, karena kita juga punya target meningkatkan populasi harimau diantara 25 satwa terancam punah hingga 10 persen sesuai dengan Indikator Kinerja Pemerintah seperti dimandatkan oleh Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE).

          Perdagangan ilegal tetap menjadi salah satu ancaman terbesar dan paling cepat terhadap harimau di alam liar. Rantai perdagangan yang panjang, dari sumber sampai kepada tujuan akhir, hukum harus ditegakkan, kejahatan terhadap satwa liar yang berkaitan dengan korupsi harus dihentikan. Inisiatif-inisiatif yang bertujuan mengubah perilaku dibutuhkan untuk mengurangi permintaan terhadap bagian-bagian tubuh harimau dan produk-produknya.

          Sebagai kunci utama keberhasilan menaikan populasi, WWF-Indonesia dan Pemerintah Indonesia telah bekerjasama dengan banyak pihak termasuk masyarakat lokal untuk memastikan mereka adalah penerima manfaat bersamaan dengan konservasi harimau.

          WWF-Indonesia juga bekerjasama dengan berbagai pendukunga dari seluruh dunia, yang dapat memainkan peran kunci dalam meningkatkan populasi harimau dan juga mendorong agar publik dapat memilih dan membeli produk-produk yang berasal dari praktik produksi yang bertanggungjawab dan tidak terlibat dalam pengrusakan habitat harimau.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024