BUMN HADIR - PT AP I menyeleksi 40 peserta SMN 2018 (Video)

id Angkasa Pura I,Siswa Mengenal Nusantara 2018

BUMN HADIR - PT AP I menyeleksi  40 peserta SMN 2018 (Video)

CSR Environment Senior Manajer Angkasa Pura 1 Lilis Sri Minarni memberikan sambutan saat pembukaan seleksi SMN 2018 di Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Selasa (31/7). (ANTARA FOTO/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja)  -  PT Angkasa Pura I bersama Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta menyeleksi sebanyak 40 peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 dalam rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri 2018 di Yogyakarta.

Kegiatan SMN 2018  dalam rangka BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) inii diselenggarakan  PT Angkasa Pura I bersama Garuda Indonesia, Indonesia Re, dan Kliring Berjangka Indonesia.      

"Dari 40 siswa yang diseleksi nanti akan dipilih sebanyak 20 peserta Siswa Mengenal Nusantara," kata CSR Environment Senior Manajer Angkasa Pura 1 Lilis Sri Minarni saat pembukaan seleksi SMN 2018 di Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa.
 
Lilis mengatakan program SMN 2018 diinisiasi untuk menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air kepada siswa-siswi SMA/SMK sejak dini. 
       
Melalui program itu, kata dia, sebanyak 20 siswa-siswi yang lolos seleksi akan dikirim ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada 12 Agustus 2018 untuk mengenal dan belajar tentang kekayaan seni dan budaya di daerah itu.
       
Selain 20 siswa  yang lolos tes tertulis dan wawancara, menurut dia, akan ditambah tiga siswa  berkebutuhan khusus yang dipilih dari sekolah luar biasa (SLB) di DIY.
       
"Di sisi lain mereka juga akan memperkenalkan potensi seni dan budaya Yogyakarta dengan berinteraksi langsung dengan masyarakat di Kalimantan Tengah," kata Lilis.
         
Sebelum berangkat ke Kalimantan Tengah, seluruh peserta SMN 2018 akan mendapatkan pembekalan berbagai materi mulai dari pengetahuan tentang BUMN, hingga pengetahuan dunia jurnaslistik (foto, tulis, video, dan  media sosial).
       
Lilis mengatakan selain Angkasa Pura 1 sebagai penanggung jawab kegiatan program BUMN Hadir Untuk Negeri di Yogyakarta juga menggandeng BUMN lainnya, yakni Garuda Indonesia, Indonesia Re, dan  Kliring Berjangka Indonesia.
       
Sementara itu Kepala Bidang Tanggung Jawab Sosial Kementerian BUMN Eko Setiawan berharap melalui program SMN 2018 para siswa dapat saling mengenal dengan siswa lain di daerah yang berbeda.
       
"Saya berharap melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri (BUMN) 2018 ini bisa memperkaya wawasan siswa serta mendorong mereka untuk saling mengenal. Bagi yang tidak lolos tidak usah berkecil hati dan bisa dicoba lagi," kata dia.
       
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengapresiasi terus berlanjutnya program SMN oleh Kementerian BUMN di DIY.
       
"Kami mengucapkan terimaksih kepada Kementerian BUMN. Program yang sudah empat kali diselenggarakan ini sangat bermanfaat untuk memperkaya wawasan siswa mengenai kekayaan budaya Nusantara," kata dia.
         
Ia berharap selain Angkasa Pura (AP) 1 juga diikuti perusahaan-perusahaan lain di luar BUMN untuk ikut membantu  meningkatkan potensi dan memperkaya wawasan siswa di DIY.
         
Angkasa Pura I juga akan menerima para peserta SMN 2018 dari Kalimantan Tengah di Yogyakarta. Mereka akan mengikuti kegiatan BUMN hadir untuk negeri di Yogyakarta pada 12 Agustus hingga 19 Agustus 2018.

Baca juga: 20 siswa berprestasi lolos SMN 2018 diberangkatkan ke Kalteng