Peringatan HUT Ke-53 AAU Ziarah ke TMP Kusumanegara

id Aau

Peringatan HUT Ke-53 AAU Ziarah ke TMP Kusumanegara

Staf dan Taruna Akademi Angkatan Udara melakukan ziarah ke Taman Makan Kusumanegara dalam rangka HUT ke 53 AAU. (Foto Penerangan AAU).

Yogyakarta  (Antaranews Jogja) -Wakil Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsma TNI Fachri Adamy bertindak memimpin ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara dalam rangka peringatan HUT Ke-53  AAU, Selasa.
     
Rombongan staf AAU berkekuatan enam satuan setingkat peleton, berbaris rapi di pelataran makam pahlawan dengan mengenakan pakaian dinas khidmat mengikuti jalannya upacara.
   
 Acara tabur bunga dilakukan khususnya diatas pusara-pusara pahlawan-pahlawan perintis dunia dirgantara Indonesia.
   
"Sejak zaman revolusi fisik melawan penjajahan Belanda, Akademi Angkatan Udara telah mengalami pertumbuhan dan perkembangan sejalan dengan perkembangan TNI Angkatan Udara pada umumnya," kata Wagub AAU Marsma TNI Fachri Adamy.
     
Menurut dia, pada Oktober 1945, lapangan terbang Maguwo yang sekarang ini adalah pangkalan Angkatan Udara Adisucipto, telah dapat direbut dan diduduki oleh Tentara Rakyat Pejuang Kemerdekaan.
     
"Ada kurang lebih 50 buah pesawat latih yang ditinggalkan Jepang," katanya.
     
Ia mengatakan, dalam keadaan serba terbatas dan didesak oleh kebutuhan perjuangan Kemerdekaan, maka dimulailah pada Desember 1945 sekolah penerbangan dibawah pimpinan Agustinus Adisucipto.
     
"Tujuannya untuk menghasilkan dalam waktu sesingkat-singkatnya penerbang-penerbang militer dan ahli teknik pesawat," katanya.
     
Menurut dia, sekolah penerbang inilah yang menjadi titik-tolak mulainya lembaga pendidikan Angkatan Udara, yang kemudian berkembang bernama Akademi Angkatan Udara Republik Indonesia.
     
"Para pahlawan perintis kemerdekaan yakni para pejuang kedirgantaraan Indonesia, patut dikenang amal bakti pengorbanannya. Sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan-pahlawannya. Mereka patut dikenang," katanya.
     
Kepala Penerangan AAU Mayor Sus Sanra Michiko mengatakan, rangkaian kegiatan HUT ke-53 AAU telah dilaksanakan berbagai pertandingan olahraga antar satuan kerja.
     
Pertandingan tenis lapangan, sepakbola, dan pertandingan bola voli.  Peringatan HUT Akademi Angkatan Udara sejatinya dilaksanakan setiap 26 Juli, dikarenakan padatnya kegiatan baru dapat terlaksana 1 Agustus 2018.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar