Inovasi perpustakaan Kota Yogyakarta Aleksa resmi diluncurkan

id aleksa, perpustakaan kota yogyakarta

Inovasi layanan Perpustakaan Kota Yogyakarta, Aleksa atau Ada Koleksi Lokal Konten Yogyakarta resmi diluncurkan (Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, resmi meluncurkan inovasi baru yang dimiliki yaitu Aleksa (Ada Koleksi Lokal Konten Yogyakarta) yang akan memudahkan pemustaka mencari buku-buku atau referensi tentang Yogyakarta.

"Layanan ini sebenarnya sudah bisa diakses sejak dua bulan lalu meskipun belum resmi diluncurkan. Bahkan, sambutannya sangat baik," kata pelaksana tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, pengunjung Perpustakaan Kota Yogyakarta akan dapat dengan mudah mencari buku-buku atau koleksi pustaka yang memuat berbagai informasi lokal tentang Yogyakarta dari segala sisi, baik dari budaya, sejarah, informasi populer, arsitektur, pariwisata hingga perkembangan pembangunan kota.

Layanan Aleksa dapat diakses di lantai dua Gedung Perpustakaan Kota Yogyakarta di Jalan Suroto Kotabaru.

"Fasilitas yang diberikan pun cukup lengkap. Ada meja dan kursi yang nyaman, bahkan suhu di dalam ruangan pun cukup sejuk. Harapannya, pemustaka semakin nyaman," katanya.

Ia menambahkan, Aleksa akan berupaya untuk melengkapi layanan, diantaranya melalui penjajagan kerja sama dengan Penghageng II Kawedanan Hageng Punokawan Widya Budaya Keraton Yogyakarta. 

Melalui kerja sama tersebut, diharapkan bisa semakin memudahkan masyarakat untuk mengetahui naskah-naskah kuno koleksi Keraton Yogyakarta.

Wahyu pun memberikan apresiasi terhadap dukungan kepala daerah kepada Aleksa dengan memberikan surat resmi yang ditantangani langsung oleh wali kota dan wakil wali kota.

Dalam surat dukungan tersebut, Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan Aleksa akan membantu masyarakat memperoleh informasi tentang Yogyakarta secara lengkap dan diharapkan muncul gagasan-gagasan baru untuk kemajuan Kota Yogykarta.

"Berbagai inovasi yang dimliki Perpustakaan Kota Yogyakarta juga mendukung terwujudnya Yogyakarta sebagai 'smart city'," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan bahwa Aleksa akan mendukung pengembangan budaya literasi masyarakat terhadap informasi lokal mengenai Yogyakarta.

"Harapannya, Aleksa akan mendorong masyarakat untuk semakin mengenal dan memahami tradisi budaya dan memperoleh tambahan pengetahuan lokal tentang Yogyakarta, katanya.

Dalam peluncuran tersebut, Perpustakaan Kota Yogyakarta juga bekerja sama dengan Komunitas Chattra Kebaya yang memberikan tutorial berkebaya dan berkain secara praktis.
(T.E013/B/Sambas)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar