Gunung Kidul menyiapkan proposal promosi wisata luar negeri

id gunung kidul

Gunung Kidul menyiapkan proposal promosi wisata luar negeri

Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul (Foto Antara)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  akan segera membuat proposal terkait promosi wisata ke luar negeri seperti tawaran yang diajukan Menteri Pariwisata Arief Yahya saat berkunjung ke daerah itu.
     
"Kami sangat senang dengan tawaran dari Kementerian Lariwisata untuk mempromosikan tempat wisata yang ada di Gunung Kidul di luar negeri," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunung Kidul Asti Wijayanti di Gunung Kidul, Rabu.
     
Ia mengatakan saat ini, pihaknya mempersiapkan koordinasi terkait bentuk promosi ke luar negeri. Salah satunya geosite yang merupakan bagian dari Gunungsewu UNESCO Geopark Network.
     
"Wisatawan asing yang mengunjungi geopark yang ada di Gunung Kidul seperti Nglanggeran dan juga Gua Pindul. Pantai di Gunung Kidul juga sering dikunjungi wisatawan asing," katanya.
     
Asty mengatakan pihaknya juga mempersiapkan diri jika banyak wisatawan mancanegara mengunjungi Gunung Kidul diantaranya melatih kelompok sadar wisata (pokdarwis) saat menghadapi wisatawan asing, seperti pokdarwis Gunung Api Purba Nglanggeran.
     
"Kami melakukan pelatihan bahasa asing kepada pokdarwis. Bekerjasama dengan perguruan tinggi di Yogyakarta," katanya.
     
Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Hary Sukmono menambahkan pihaknya juga penyusunan rencana induk secara keseluruhan kawasan pantai selatan di Gunung Kidul merupakan strategi khusus dalam rangka pengembangan pariwisata.
     
"Tawaran penyusunan rencama induk penataan kawasan pantai selatan akan kami kawal, perlu komunikasi lebih intens," katanya.
     
Dia mengatakan pihaknya sudah memiliki masterplan di beberapa titik seperti pantai Baron,da Pantai krakal. Untuk itu, pihaknya menyambut baik tawaran pusat mengenai masterplan secara menyeluruh.
     
"Kami akan menindaklanjuti, jika harus dengan surat proposal akan kami ikuti," katanya.